Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teladan Guru Melalui Agen Perubahan

Guru memilki peran yang sangat penting dalam kehidupan saat ini apalagi dalam dunia pendidikan, selain tugas utamanya yaitu mengajarkan mata pelajaran di kelas peran guru juga memberi contoh dan mengajarkan hal-hal baik kepada peserta didiknya mulai dari bertata krama yang baik sampai bertutur kata yang baik dan benar atau membentuk karakter yang baik. Banyak orang yang terjun tidak sesuai dengan minat bakatnya menjadi seorang guru dikarenakan tugas yang berat dan gaji yang minim apalagi guru swasta yang baru, tetapi hal ini tidak menjadikan sebuah alasan yang kokoh untuk memutuskan menjadi seorang pendidik, mungkin benar jika dilihat dari segi gaji tidak sebanding dengan tugas sehari-harinya.  
Agen Perubahan
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi semua manusia dan menjadi sebuah kunci utama bagi kemajuan suatu bangsa, kita menyadari bahwa dengan pendidikan yang berkualitas, kita mampu untuk sejajar dengan bangsa lain yang sudah lebih maju dan berkembang, tetapi nyatanya kualitas pendidikan dinegara Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara lain. 

Tetapi kita tetap harus optimis bahwa suatu saat kita juga akan sejajar dengan mereka, jika lembaga pendidikan tetap konsisten mengupayakan berbagai cara untuk menciptakan lulusan-lulusan yang siap untuk menyeimbangi dengan negara-negara lain, untuk mencapai peningkatan keberhasilan mutu pendidikan maka harus dilakukan berbagai upaya, salah satunya yaitu pemerintah menciptakan perubahan atau yang sekarang dikenal dengan istilah revolusi industri 4.0, karena guru dituntun menjadi sebuah agen perubahan untuk membesarkan hati peserta didiknya, serta mampu mengasah bakat peserta didiknya, agar percaya diri, berani berkompetisi.

Merubah generasi masa depan itu sangat diperlukan apalagi merubahnya kearah yang lebih baik, ini lah yang harus dilakukan oleh seorang guru atau pendidik ia harus mampu menjadi agen perubahan positif dimata mereka. Ciptono salah satu tokohnya, ia mampu menjadi seorang tokoh laki-laki dalam agen perubahan yang hebat dan ia juga sangat peduli pada dunia pendidikan terutama bagi anak-anak yang menyandang kebutuhan khusus. Dimata Andy F.Noya (dalam program acara Kick Andy di Metro TV ) Pak Ciptono dimata anak-anak beliau adalah sosok laki-laki hebat dan penyayang, ia memperlakukan seorang anak dengan lemah lembut dan penuh kesabaran apalagi pada anak yang menyandang kebutuhan khusus, ketulusan dan kasih sayangnya begitu besar bahkan pada saat bertemu pada anak yang lumpuh ia tak segan-segan menggendongnya dan menyuapi makan. Pak Cip, itulah nama akrab yang sering terlontar dari mulut mereka, mereka tidak ingin berpisah dengan lelaki hebat ini, bahkan ia tidak mau pindah ke sekolah yang lebih tinggi dikarenakan Pak Cip yang mereka sayangi tidak ikut mengajar di sekolah tersebut. Menurut mereka Pak Cip ini lah pahlawan mereka.

Guru dan pendidik hebat, banyak tersebar di seluruh nusantara. Yakni guru dan pendidik yang melaksanakan tugasnya tidak semata-mata dalam rangka menggugurkan kewajiban, tetapi lebih karena panggilan jiwa untuk menciptakan suatu perubahan positif pada peserta didiknya. Perubahan pikiranlah yang dapat menjadikan seseorang mampu berhijrah secara permanen.  Ketika guru  sudah  pemprosesan perubahan dalam pikiran, saat berikutnya adalah mengkomunikasikan suatu gagasan perubahan kepada peserta didik, untuk melakukannya, Guru bisa menggunakan konsep 5 W 1 H. Konsep ini biasanya dipakai dalam ilmu jurnalistik yang bertujuan untuk mengupas sebuah berita yang akurat. 

Mewujudkan diri sebagai agen perubahan bisa dilakukan bagi siapa saja termasuk seorang guru, karena Allah tidak melarang bagi siapapun untuk melakukan suatu perubahan kearah positif. Semoga para para guru di Indonesia dapat melakukan suatu agen perubahan yang mampu menjadi teladan bagi pesrta ddidiknya.
Oleh : Silvi Qotherunnada Mahasiswa PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya

Posting Komentar untuk "Teladan Guru Melalui Agen Perubahan"

Berlangganan via Email