Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pemebelajaran elearning

e-learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dengan memanfaatkan media eletronik. Salah satu media eletronik yang sering digunakan yaitu komputer, smartphone dan lain-lain dengan memanfaatkan jaringan komputer atau menggunakan jaringan komputer yang memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk pembelajaran berbasis website dan bisa dikembangkan lebih luas lagi dengan menggunakan internet, yang sekarang bisa disebut sebagai e-learning.
pembelajaran elearning


Sementara itu, menurut permana (2010) huruf “e” dalam kata e-learning bukan hanya singkatan dari eletronic tetapi juga termasuk experience (pengalaman), extended (perpanjangan) dan expanded (perluasan).


Sedang menurut Soekartawi (2003) e-learning merupakan pembelajaran yang pelaksanaannya di dukung oleh teknologi misalnya telepon, audio, transmisi satelit atau komputer. Oleh karena itu e-learning dalam proses pembelajaran merupakan segala media yang bebentuk eletronik yang digunakan untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi agara para peserta didiknya dapat dengan mudah memahami materi yang telah diberikannya.


Namaun demikian, elearning dalam konteks sekarang lebih mengarah kepada pembelajaran dengan memanfaatkan media online sehingga pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan kapan dan dimana saja selama sarana mendukung. 


Pembelajaran elearning dapat menjadi sebuah alternatif yang sangat memungkinkan diera milenial yang memiliki beberapa manfaat yaitu :
1. Pembelajaran bisa dilaksanakan kapan dan dimana saja
2. Dapat menjangkau peserta didik dalam jangkauan lebih luas
3. Dapat mempermudah pengadministrasian materi karena dapat disimpan dalam bentuk eletronik dan bisa diakses kapan saja


Dengan memanfaatkan media pembelajaran seperti ini, maka tugas peserta didik dapat dilakukan ditempat tertentu diweb atau dikelas yang kesemuanya itu dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk mempermudah proses pembelajaran dan komunikasi antara guru dengan siswa secara terus-menerus.


Lebih luas elearning dapat memeri keuntungan yang tidak kalah pentingnya dengan pembelajaran tradisional :
1. Dapat menghemat waktu dalam proses pembelajaran
2. Bahan ajar bisa dipilih sesuai kebutuhan
3. Jangkauan materi lebih luas
4. Dapat diakses kapan saja untuk mengulangi mempelajari materi
5. Melatih peserta didik belajar mandiri
6. Mempermudah komunikasi anatara pendidik dan peserta didik


Pemanfaatan elearning dalam proses pembelajaran  sangat di tentukan oleh cara pandang antara pendidik dengan peserta didik, apakah penggunaan teknologi tersebut sudah merupakan kebutuhan?, jika iya, maka sangat besar kemungkinan untuk memberikan pengaruh yang lebih baik kepada peserta didik. Sehingga para pengambil kebijakan dilembaga pendidikan dapat dengan mudah menentukan dan meningkatkan fasilitas elearning agar bisa dengan mudah diakses.

Posting Komentar untuk "Manfaat Pemebelajaran elearning"

Berlangganan via Email