Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Kebangkitan Nasional

Awal mula lahirnya sejarah hari kebangkitan nasional aau sering disingkat harkitnas yang jatuh jatuh 20 Mei 2019 kemarin, yang kita selalu peringati tiap tahunnya, ini merupakan memperingati berdirinya organisasi Boedi Oetomo, hari kebangkitan nasional pertama kali diperingati pada masa era presiden soekorno memimpin yang berada di Yogyakarta pada tahun 1948.

Boedi Oetomo Bersama Kawan-kawan
Pada awal pertama kali memperingati hari kembangkitan nasional dilaksanakan, kepanitiaannya diketuai oleh Ki Hadjar Dewantara sebagai panitia pertama, maka dari itulah, sebagai pengingat dan sejarah maka, hari kebangkitan nasional diperingati.

Pada isi pidatonya yang pertama dalam hari kebangkitan nasional presiden Soekarno menghimbau pada seluruh rakyat yang mengalami keterpecahan oleh kepentingan politik pada saat itu untuk bersatu melawan Belanda, maka dari itu marilah kita selalu menjaga Kesatuan dan Persatuan Kebineka Tunggal Ika-an negara tercinta kita Indonesia.

Presiden kita bapak Soekarno juga menyampaikan bahwa Boedi Oetomo merupakan tonggak pergerakan nasional yang ada di negara Indonesia

Berlangganan via Email