Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berguna-nya Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang merupakan rumpun bahasa Austronesian yang telah dijadikan lingua francadi kepulauan Indonesia selama berabad-abad. Penutur bahasa Inggris seringkali menyebut bahasa Indonesia dan bahasa Melayu. Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional sejak diikrarkan dan di dirikan pada Sumpah Pemuda, dalam Kongres Pemuda 28 Oktober 1928. Selain itu, bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dituangkan dalam Pasal 36 UUD 1945. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Dari populasinya yang mayoritas berbahasa Indonesia itu, menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Berguna-nya Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari


Bahasa indonesia juga di proyeksi menjadi bahasa yang sudah internasional optimisme itu di ungkapkan ketua komisi nasional Indonesia:
  1. Bahasa indonesia memiliki peluang menjadi bahasa internasional khusus nya di negara-negara tetangga. Peluang bahasa indonesia itu di nilai lebih besar di banding berbagai bahasa di eropa. Maka dari itu bahasa indonesia sangat lah berguna untuk masyarakat dalam kehidupan sehari hari’
  2. Bahasa itu menyimbolkan kehidupan seorang dan bahasa juga yang mencerminkan pola hidup kepribadian jiwa seorang, melalui bahasa ini kita bisa menceritakan dan bisa menambah kenalan dari bangsa dan suku daerah lain, jika kita menggunakaan bahasa indonesia dengan baik dan benar orang lain juga akan menggambarkan diri kita sebagai sebagai pribadi yang benar dan sopan, karena melalui kita berbicara orang lain mampu berkomentar atas diri kita. Tapi sebalik nya jika dalam kehidupan sehari hari orang tersebut tidak menjalankan etika berbahasa yang santun dan benar maka orang tersebut akan di gambarkan sebagai sosok seorang yang kurang baik.
  3. Bahasa di miliki dan di pakai oleh semua orang yang hidup di dunia ini tetapi tidak semua orang memakai bahasa indonesia, ada juga yang dari negara lain seperti bahasa inggris bahasa arab dan lain-lain. Tapi kita sebagai warga indonesia yang memiliki hak asasi manusia harus bisa menghargai setiap ciri khas masing-masing negara.
Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, yaitu :
  1. Melestarikan bahasa Indonesia.Ya tentu saja karena Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan untuk Bangsa Indonesia. Dari Sabang sampai Marauke, di sekolah sekolah pasti memiliki mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk memudahkan kita berkomunikasi.
  2. Meningkatkan rasa nasionalisme. Semakin kita mempelajari Bahasa Indonesia maka kita juga akan semakin tahu sejarah bangsa yang besar ini.
  3. Mempermudah dalam berkomunikasi antar suku, ras dan daerah. Tentunya setiap daerah, setiap suku, dan ras di Indonesia memiliki bahasa nya masing masing. Lalu bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan suku dari daerah lain? Yaitu menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia
  4. Membuat pribadi kalian menjadi pribadi yang lebih baik dan santun. Kenapa bisa begitu? Karena tutur kata penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah halus. Ketika kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara otomatis pribadi kita akan menjadi lebih sopan dan santun.
  5. Tidak canggung (grogi). Jika Kalian berada di sebuah forum resmi, pertemuan penting, tentunya kalian tidak akan menggunakan bahasa-bahasa gaul sehari-hari kalian untuk digunakan didalamnya. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka Kalian sudah tidak canggung lagi saat berbicara di acara resmi yang sedang Kalian hadiri.

Peran bahasa Indonesia:
Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, antara lain, bersumber pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi: Kami putra dan putri Indonesiamenjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kedudukannya berada di atas bahasa-bahasa daerah. Selain itu, di dalam Undang-Undang Dasar 1945 tercantum pasal khusus (Bab XV, Pasal 36) mengenai kedudukan bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia. Dengan demikian ada dua macam kedudukan bahasa Indonesia. Pertama, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional, sesuai dengan Sumpah Pemuda 1928, dan kedua bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa negara, sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam tulisan ilmiah, bahasa sering diartikan sebagai tulisan yang mengungkapkan buah pikiran sebagai hasil dari pengamatan, tinjauan, penelitian yang seksama dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu, menurut metode tertentu, dengan sistematika penulisan tertentu, serta isi, fakta, dan kebenarannya dapat dibuktikan dan dapat dipertanggungjawabkan. Bentuk-bentuk karangan ilmiah identik dengan jenis karangan ilmiah, yaitu makalah, laporan praktik kerja, kertas kerja, skripsi, tesis, dan disertasi.Dalam penulisan ilmiah, bahasa merupakan hal yang terpenting. Untuk itu kita harus sebaik mungkin menggunakannya. Antara lain :
  1. Dalam hal penggunaan ejaan. Ejaan ialah penggambaran bunyi bahasa dalam kaidah tulismenulis yang distandarisasikan; yang meliputi pemakaian huruf, penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca.
  2. Dalam hal penulisan kata. Baik kata dasar, kata turunan, bentuk ulang, kata ganti, kata depan, kata sandang, maupun gabungan kata.

Mengetahui Fungsi Bahasa Secara Khusus: Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia secara umum tentunya sering kita dengar, bahkan pernah kita pakai. Misalnya dalam kalimat “Bagaimana kedudukan dia sekarang?”, “Apa fungsi baut yang Saudara pasang pada mesin ini?”, dan sebagainya. Kalau kita pernah memakai kedua istilah itu tentunya secara tersirat kita sudah mengerti maknanya. Hal ini terbukti bahwa kita tidak pernah salah pakai menggunakan kedua istilah itu. Kalau demikian halnya, apa sebenarnya pengertian kedudukan dan fungsi bahasa? Samakah dengan pengertian yang pernah kita pakai? Kita tahu bahwa bahasa sebagai alat komunikasi lingual manusia, baik secara terlisan maupun tertulis. Ini adalah fungsi dasar bahasa yang tidak dihubungkan dengan status dan nilai-nilai sosial.

Setelah dihubungkan dengan kehidupan sehari- hari, yang di dalamnya selalu ada nilai-nilai dan status, bahasa tidak dapat ditinggalkan. Ia selalu mengikuti kehidupan manusia sehari-hari, baik sebagai manusia anggota suku maupun anggota bangsa. Karena kondisi dan pentingnya bahasa itulah, maka ia diberi ‘label’ secara eksplisit oleh pemakainya yang ada  Di pihak lain, bagi masyarakat yang dwi bahasa (dwilingual), akan dapat ‘memilah-milahkan’ sikap dan pemakaian kedua atau lebih bahasa yang digunakannya. Mereka tidak akan memakai secara sembarangan. Mereka bisa mengetahui apan dan dalam situasi apa bahasa yang satu dipakai, dan kapan dan dalam situasi apa pula bahasa yang lainnya dipakai. Dengan demikian perkembangan bahasa itu akan menjadi terarah. 




DAFTAR PUSTAKA
Bahasa indonesia cerdas. khairunnisak.online. (http://khairunnisak27.blogspot.com/2015/06/artikel-bahasa-indonesia.html diakses 29 agustus 2019)

Berlangganan via Email