Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi  bekerjasama,berinteraksi dan mengidentifikasi diri dalam bentuk yang baik oleh masyarakat pemakaianya. karena dengan Bahasa semua orang dapat berinteraksi dengan sesamanya dan Bahasa merupakan sumber daya bagi kehidupan bermasyarakat. Kata bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain menggunakan tanda misalnya, kata atau gerakan. Perkiraan jumlah bahasa didunia antara 6.000-7.000 bahasa. Namun perkiraan, tepatnya tergantung pada suatu perubahan yang mungkin terjadi antara bahasa dan dialek. Bahasa alami adalah bahasa bicara atau isyarat, tetapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil. Contohnya adalah tulisan grafis, braille, atau siulan. Apapun bahasanya selalu bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu. Bahasa selalu berubah dan bervariasi sepanjang waktu dan sejarah evolusinya dapat direkonstruksi ulang dengan membandingkan bahasa modern dan menentukan sifat mana yang harus dimiliki oleh bahasa leluhurnya supaya perbuahan dapat terjadi nantinya. Sekelompok bahasa yang diturunkan dari leluhur yang sama biasanya dikenal sebagai rumpun bahasa.  

PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA


Pengertian pendidikan secara umum adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar secara aktif anak didik bisa mengembangkan potensi dirinya untuk untuk memiliki kepribadian,kecerdasan, akhlak mulia,serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat.dan dapat menciptakan karakter melalui kegiatan seperti penanaman nilai,pengembangan budi pekerti,nilai moral dan nilai agama. Pengertian Pendidikan menurut ahli dapat di artikan yaitu suatu proses pembelajaran pengetahuan,kemampuan serta keterampilan yang di lihat dari kebiasaan setiap orang,yang menjadi bahan warisan dari orang sebelumnya hingga sekarang, pengertian Pendidikan secara etimologi adalah Arti Pendidikan berasal dari bahasa inggris yaitu Education, dimana dari bahasa latinnya yaitu Eductum. Dengan artian kata “E” yaitu sebuah proses perkembangan dari dalam keluar kemudian kata “Duco” dengan artian yang sedang berkembang. Jadi Pendidikan adalah proses kemampuan serta keahlian diri yang terus berkembang terus menerus secara individual.Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan akan terus selalu ada dan tidak akan pernah hilang,seperti yang dijelaskan dalam arti Pendidikan.


Bahasa Indonesia adalah bahasa khusus atau bahasa yang wajib di gunakan untuk semua  masyarakat indonesia, dari sudut pandang ligustik bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa melayu.bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru,baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia yang dikrarkan sejak 28 Oktober 1928 oleh para pejuang bangsa sampai dengan saat ini masih tetap eksis. Bahasa Indonesia sampai dengan saat ini masih dirasakan perannya dalam berbagai sendi kehidupan, antara lain sebagai alat komunikasi antarwarga dan antarmasyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia masih tetap memegang peranan penting dan masih tetap merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bahasa Indonesia secara umum adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidah ejaan, pungtuasi, istilah, dan tata bahasa).

Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu baku yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia Menurut Syamsuddin (1986:2), beliau memberi dua pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat yang dipakai untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan-perbuatan, alat yang dipakai untuk mempengaruhi dan dipengaruhi. Kedua, bahasa adalah tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, tanda yang jelas dari budi kemanusiaan. berbagai suku di Indonesia. Bahasa yang sangat penting untuk dipelajari lebih mendalam bagi bangsa Indonesia, terutama para generasi muda penerus bangsa. 

Mengapa kita menggunakan bahasa Indonesia? Iya karena Karna kita orang indonesia dan salah satu dari bahasa yang diresmikan di indonesia bisa juga dengan berbahasa daerah dg penduduk setempat karna ada pepatah dimana bumi dipihak disitu langit dijunjung dimanapun kita berada kita harus beradaptasi maksudnya menyesuaikan diri tapi menurutku itu butuh waktu yang lama jika tidak bisa berbahasa daerah orang setempat maka bahasa indonesia solusinya.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar,mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi.

Pentingnya Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional negara Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu. Bahasa Indonesia sudah diajarkan sejak tingkat SD, SMP, dan SMA. Oleh karena itu sebaiknya setelah jenjang SMA bahasa Indonesia sudah dikuasai atau setidaknya mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Bahasa Indonesia. Namun faktanya, masih sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia secara maksimal. Maka dari itu penting adanya Pendidikan bahasa.pendidikan bahasa harus mengikuti perkembangan zaman,karena bahasa akan terus bertambah dan berkembang dengan masa berjalannya waktu. Pendidikan Menurut Carter.V.Good adalah proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial. Selain itu bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari diperguruan tinggi, dikarenakan di universitas setiap mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kemudian, bahasa Indonesia sebagai panduan untuk penyusunan dan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam komunikasi ilmiah (skripsi, tesis, disertasi, dll), selain itu mempelajari bahasa Indonesia bagi mahasiswa 
 
Dalam Dunia Pendidikan bahasa memang menjadi pondasi utama disetiap negara oleh karenanya Indonesia sebagai salah satu bagian dari negara juga harus mengutamakan bahasa Nasionalnya. Indonesia yang menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia, yg dijadikan sebagai bahasa Nasional. maka dalam pendidikan perlu menerapkan pembelajaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar. tidak hanya itu dalam dunia pendidikan juga harus ditanamkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia meskipun Indonesia kaya akan bahasa di setiap daerah tetapi Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu masyarakan dari berbagai daerah. atas hal tersbut maka kami mengankat judul dalam makalah ini yaitu Pentingnya Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA



https://www.zonareferensi.com/pengertian-pendidikan/
https://jagoanilmu.net/pengertian-bahasa-indonesia/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
https://www.romadecade.org/pengertian-pendidikan/#!


By: NINIT AMANDA F

Berlangganan via Email