Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Bahasa dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa melanjutkan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan mudah dan baik jika mereka tidak menguasai bahasa antara satu sama lain dan dengan tidak adanya kesinambungan tersebut mereka juga tidak dapat menangkap ekspresi kejiwaan maupun keinginan yang diutarakan oleh lawan komunikasinya. Hal ini juga yang menyebabkan adanya sekat dan kurang terkaitnya emosional satu sama lain.

Pentingnya Bahasa dalam kehidupan sehari-hari


Selain itu, Bahasa juga merupakan tanda yang jelas dari kepribadian manusia. Melalui bahasa yang digunakan manusia, maka dapat memahami karakter, keinginan, motif, latar belakang pendidikan, kehidupan sosial, pergaulan dan adat istiadat manusia. Berikut beberapa pengertian bahasa menurut para ahli:
  1. Ferdinand De Saussure: Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain
  2. Plato: Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut
  3. Bloch & Trager: Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.
  4. Carrol: Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia
  5. Sudaryono: Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.


Menurut Mukhammad Doyin “Bahasa yang disahkan oleh undang-undang sebagai alat komunikasi nasional secara resmi adalah bahasa indonesia.konsekuensi keputusan ini menjadikan bahasa indonesia digunakan dalam segala keperluan dan dalam segala bidang. secara historis kita mengetahuai memang bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu. Namun karena adanya keputusan dalam sumpah pemuda itulah maka bahasa indonesia kemudian berkembang dalam berbagai bidang. karena masing - masing bidang memiliki kekhususan tertentu,penggunaan bahasa indonesia dalam bidang - bidang tertentu tersebut kadang-kadang juga harus menyesuaikan dengan kekhususan- kekhususan tertentu itu. oleh karena itulah pada akhirnya kita melihat ada bahasa indonesia yang bersifat khusus,dalam pengertian memiliki ciri khusus dalam bidang-bidang tertentu tersebut.

Negara indonesia memiliki banyak sekali ragam suku dan bahasa karena indonesia termasuk negara nusantara yang terbagi atas beberapa pulau dan daerah ,maka dari itu di Indonesia muncul lah beragam macam bahasa contohnya seperti bahasa jawa , bahasa sunda , bahasa madura dan beragam macam lainya. Tentu kita sebagai masyarakat sendiri harus saling memahami dan menghormati antar suku dan daerah agar tidak terjadi sebuah permusuhuhan atau pecah belah di negara kita tercinta ini negara Indonesia.

Mungkin banyak sekali hanya karena perbedaan pendapat atau perbedaan pemahaman hingga membuat pemicu datangnya masalah. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat sosial patut untuk kita menjaga keserasian antar daerah meskipun kita berbeda seperti semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya “meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua” Dari berbagai macam defenisi yang dikemukakan oleh beberapa para ahli dapat disimpulkan secara sederhana bahwa bahasa adalah alat komunikasi yang mempunyai fungsi-fungsi dan ragam-ragam tertentu. Berikut beberapa macam bentuk bahasa
  1. Bahasa Lisan yaitu suatu komunikasi anatar manusia untuk mengutarakan maksudnya melalui kata kata yang terucap dari mulut.
  2. Bahasa Tulisanm erupakan suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang memiliki arti dan dituangkan kedalam bentuk tulisan.
  3. Bahasa Isyarat merupakan suatu bentuk komunikasi yang menggunakan anggota tubuh seperti tangan dan gerak bibir. Biasanya yang menggunakan jenis bahasa ini adalah kaum tunarungu mereka mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah agar lawan bicaranya mengerti apa yang ia maksud.
  4. Bahasa Pemrograman yaitu suatu bahasa yang digunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya agar komputer mampu menjalankan apa yang kita perintahkan.
  5. Bahasa Batin merupakan suatu interaksi mental secara langsung menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata seperti jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih mirip dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.


Dari berbagai macam bahasa yang kita ketahui diatas bahwa banyak sekali macam dan bentuk dari bahasa itu sendiri , tidak hanya lisan maupun tulisan. Selain itu, ada banyak sekali fungsi khusus dari bahasa tersebut yakni:
  1. Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hariManusia adalah mahkluk sosial yang tak akan pernah mungkin dapat terlepas dari hubungan (komunikasi) dengan mahluk sosialnya. Komunikasi yang berlangsung dapat mempergunakan dialeg resmi (baku) atau dialeg santai (tidak menghiraukan pemakaian bahasa resmi, biasanya saat berkomunikasi dengan teman).
  2. Mewujudkan seni (sastra)
    Bahasa dipakai untuk menyampaikan atau mengungkapkan perasaan melalui media seni, misalnya puisi, syair, prosa,dll. Terkadang bahasa yang dipergunakan merupakan bahasa yang memiliki makna atau arti konotasi atau memiliki makna yang tersirat. Dalam hal ini, kita memerlukan pemahaman yang lebih mendalam agar bisa mengetahui apa makna atau apa yang ingin disampaikan kepada kita.
  3. Mempelajari bahasa-bahasa kuno
    Dengan kita mempelajari bahasa-bahasa kuno ini, kita akan dapat mengetahui kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau, untuk mengantisipasi kejadian yang mungkin atau dapat terjadi di masa yang akan datang, atau hanya sekedar memenuhi rasa keingintahuan tentang latar belakang dari suatu hal, misalnya saja untuk mengetahui keberadaan atau asal dari suatu budaya yang dapat ditelusuri melalui naskah-naskah kuno atau penemuan prasasti-prasasti.
  4. Mengeksploitasi IPTEK
    Dengan jiwa dan sifat keingintahuan yang dimiliki manusia, ditambah dengan akal dan pikiran yang sudah diberikan Tuhan hanya kepada manusia, maka manusia akan selalu mengembangkan berbagai hal untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Pengetahuan yang dimiliki oleh manusia akan selalu akan didokumentasikan supaya manusia lainnya juga dapat mempergnakannya dan melestarikannya demi kebaikan manusia itu sendiri.

Dengan mempelajari bahasa sebagai alat komunikasi kita juga menjadi lebih paham bagaimana fungsi bahasa ternyata tanpa kita sadari sangat banyak. Tak sampai disitu dengan mempelajari bahasa sebagai alat komunikasi kita dapat mengetahui banyak hal. Bahwa bahasa dalam penggunaanya sebagai alat komunikasi memiliki ragam yang berbeda beda sebagaimana dan Diana komunikasi itu dilakukan. Oleh karenanya setelah mempelajari ini kita menjadi lebih paham bagaimana menempatkan diri dalam berkomunikasi. Dimana harus menggunakan bahasa yang resmi, tidak resmi dan lain sebagainya.


Daftar pustaka
  1. https://www.google.com/amp/s/ebdaaprilia.wordpress.com/2013/03/30/makalah-bahasa-indonesia-bahasa-sebagai-alat-komunikasi/amp/
  2. https://inspirasi-mahasiswa01.blogspot.com/2017/11/makalah-tentang-pentingnya-bahasa.html?m=1


by: Fadia Rizqy adila

Berlangganan via Email