Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENTINGNYA BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK


Bahasa merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan gagasan, pesan, dan informasi yang tertanam dalam pikiran, media penyampaiannya bisa melalui lisan atau tulisan,agar bisa berinteraksi dengan orang lain. Bahasa juga memiliki peran sentral demi terciptanya masyarakat yang santun dan beradab. Seseorang dikatakan santun atau tidak ditentukan oleh sikap berbahasanya meliputi nada dan makna yang disampaikan.bahasa indonesia merupakan bahasa Nasional seperti yang tercantum di Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 36 yang berbunyi,”bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

PENTINGNYA BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK


Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang harus dimengerti oleh Masyarakat Idonesia karna Bahasa Indonesia merupakan Bahasa pemersatu antara bahasa darah yang beragam.Berbagai kebudayaan bisa saling menyatu karena ada salah satu aspek yang mampu mengikatnya yaitu bahasa. Menurut Finocchiaro (1964:8) bahasa adalah sistem simbol vokal yang arbitrer yang memungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan tertentu, atau orang lain yang mempelajari sistem kebudayaan itu, berkomunikasi atau berinteraksi.maka Bahasa Indonesia adalah milik bangsa Indonesia mulai Sabang hingga Merauke.

Pembeda utama manusia dengan hewan terletak pada dua hal yaitu kemampuan berpikir dan kemampuan berbahasa. Manusia mampu berpikir karena memiliki bahasa, tanpa bahasa manusia tidak akan dapat memikirkan berbagai hal terutama berpikir secara abstrak. Tanpa bahasa juga manusia tidak akan dapat mengomunikasikan gagasan dan pikirannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, jika ingin mengungkapkan berbagai pemikiran dengan baik, maka manusia harus menguasai bahasa dengan baik.

Keterampilan berbahasa memiliki dua unsur yaitu unsur logika dan linguistik, berbeda dengan keterampilan berpikir hanya memiliki satu unsur yaitu logika. Unsur logika terdiri atas isi, bahan, materi, dan organisasinya, sedangkan unsur linguistik terdiri atas diksi, pembentukan kata, pembentukan kalimat, fonologi (bunyi bahasa) untuk berbicara, serta ejaan untuk menulis. Dan pada era gloalisasi ditandai dengan berkembang pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi dan banyak bahasa dari budaya asing yang ingin masuk ke Indonesia,dan banyak juga di era sekarang para generasi muda suka dengan Bahasa Asing misalnya dengan berbahasa inggris mungkin bagi mereka Belajar berbahasa inggris lebih menarik dan mungkin menurut mereka itu bahasa yang keren
Pengguna bahasa asing ini menjadikan penggunaan bahasa  Indonesia dalam kehidupan masyarakat semakin mendesak,karna banyak juga masyarakat indonesia tidak paham dengan arti penting bahasa Indonesiadalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.padahal badan PBB yang bertugas dibidang kebudayaan negara-negara didunia,telah menyatakan ,bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu dari bahasa internasional.tetapi bangsa pemiliknya justru lebih bangga menggunakan bahasa bangsa lain.

Pateda (2004:134)mengungkapkan,penggunaan fitur SMS (Short Masage Service),secara tidak langsung bisa merusak tatanan bahasa Indonesia ,karena pada akhirnya pengguna SMS telah terdoktrin aturan yang bebas ,bukan yang sesuai dengan EYD .penggunaan bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari masih sering digunakan ,meski tidak baku,karna bertujuan untuk memudahkan untuk berkomunikasi.tetapi dalam forum normal,Bnayak masyarakat yang kesulitan menerapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Salah satu cara untuk membentengi bangsa dari besarnya pengaruh globalisasi dan memupuk rasa cinta dalam menggunakan bahasa Indonesia adalah berpegang teguh pada Pancasila.selain itu,  kegiatan –kegiatan yang berbasis indonesia,seperti seminar dan lomba perlu diadakan untuk menambah pengetahuan Masyarakat,khusunya peserta didik mengenai bahasa Indonesia yang baik dan benar.Orang tua dan Instansi pendidikan juga harus ikut berperan  dalam memupuk rasa cinta terhadap bahasa Indonesia sejak usia dini.bahasa Indonesia mencerminkan bangsa Indonesia ,karena bahasa Indonesia merupakan hasil budaya masyarakat Indonesia.

Namun sikap positif terhadap bahasa indonesia ini tidak berarti sikap berbahasa yang tertutup dankaku.bangsa indonesia tidak mungkin menuntut kemurnian berbahasa indonesia dan menutup diri
Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan bahasa yang baku.

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaiannya sesuai dengan situasi dan kondisi. Pada kondisi tertentu, yaitu pada situasi formal penggunaan bahasa Indonesia yang benar menjadi prioritas utama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku. Kendala yang harus dihindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi, integrasi, campur kode, alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi. Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik.

Tujuan utama kita belajar suatu bahasa yakni peran pentingnya di dalam perkembangan intelektual dan emosional serta sebagai penunjang keberhasilan dalam mempelajari pelajaran yang lainnya. Dan sangat penting pelajaran dalam pembelajaran bahasa di bangku sekolah sebagai pembantu para siswa untuk mengenal dirinya sendiri, budayanya, budaya orang lain, belajar untuk menyampaikan gagasan, serta mampu menggunakan kemampuan imajinatif dan analitis yang terdapat pada diri masing-masing. Di samping itu pembelajaran bahasa juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dan berbagi pengalaman untuk saling mempelajari satu sama lain.

Selain itu, kita sebagaiwarga negara yang baik dan patuh hendaknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita harus membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahsa yang baik dan benar artinya bahasa yang sesuai dengan EYD dan tata bahasa baku yang diberlakukan bangsa Indonesia yang diberlakukan melalui Badan Bahasa RI. Oleh sebab itu, kita harus menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa yang menyatukan seluruh perbedan yang ada di negeri tercinta kita ini. Jangan jadikan perbedaan sebagai pemecah belah bangsa. Tapi jadikanlah perbedaan tersebut karya keberagaman yang tak akan dimiliki oleh negeri orang, yang tak akan ada di negeri lain. Kita sebagai warga negara wajib bangga karena memiliki negara dengan sejuta keberagaman, hingga keberagaman tersebut dapat menjadi simbol atau tanda yang menjadikan Indonesia dikenal dunia. Janagan jaikan perbedaan adalah pemecah, tapi jadikanlah perbedaan sebagai pendorong kita untuk terus maju bersama membawa nama Indonesia agar lebih dikenal bangsa lain.

Daftar Pustaka
  1. https://www.kompasiana.com/ajiseptiaji/5a436e0f5e1373752f7a5f23/keterampilan-berbahasa-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia
  2. https://uns.ac.id/id/uns-berkarya/cinta-dan-bangga-menggunakan-bahasa-indonesia-wujud-nasionalisme-kita.html (diakses 29 Agustus 2019)


by: Nurul Aslikhah

Berlangganan via Email