Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mengatasi Problematika yang Ada di Sekolah Dasar?


Bagaimana Mengatasi Problematika yang Ada di Sekolah Dasar?


Hallo teman online sekalian. Bagaimana kabar kalian? Semoga tetap baik dan terjaga kesehatannya ya. Jumpa lagi dengan saya di sini, yang mana akan mengupas sedikit tentang problematika apa aja sih yang ada di sekolah dan bagaimana cara mengatasinya. Mari kita simak.

Setiap murid terutama ketika belajar di sekolah pasti memiliki perbedan dan karakter yang berbeda antara satu sama lainnya. Diantaranya seperti dalam kemampuan belajar, kapasitas intelektual, sikap, latar belakang dalam keluarganya, dan lain-lain. Di samping itu, masalah yang menimpa seseorang bila dibiarkan begitu saja dapat mengganggu kehidupannya. Terutama bila pada sikap dan perilaku anak-anak yang menyimpang karena adanya suatu permasalahan akan mengganggu perkembangan pada anak, akibatnya anak akan mengalami gangguan dalam menjalani aktivitas kehidupan.

Adapun beberapa masalah yang biasa dialami anak-anak seperti terjadi pada masalah emosi, masalah penyeseuaian diri, masalah perilaku seksual, masalah perilaku sosial, masalah moral keluarga, dan masalah belajar. Nah, bila dikaitkan dengan sistem pembelajaran di sekolah, biasanya anak-anak sering mengalami permasalahan pada belajar mereka.

Masalah belajar biasanya terjadi pada kondisi tertentu yang mana itu dapat berkenaan pada keadaan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan yang dimiliki dirinya dan bisa juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan dirinya. Dari situ, bisa dilihat jenis-jenis masalah belajar terbagi seperti pada berikut:
  1. Kurangnya motivasi belajar, keadaan seperti ini diakibatkan kurangnya belajar dan semangat mereka yang bisa saja dapat membuat rasa malas itu muncul. 
  2. Keterlambatan akademik, keadaan seperti ini terjadi pada murid yang diperkirakan memiliki intelegensi yang cukup tinggi, tetapi tidak bisa memanfaatkan secara optimal. 
  3. Lambatnya proses belajar, ini bisa terjadi karena keadaan murid yang memilik minat belajar dan proses belajar yang kurang memadai, sehingga perlu pertimbangan untuk bisa mendapatkan pendidikan dan pengajaran khusus. 

Dari beberapa permasalahan ini yang sebenarnya masih ada lagi yang berkaitan pada murid biasanya terdapat faktor-faktor yang menyebabkan timbul adanya permasalahan itu diantaranya : adanya faktor internal dan eksternal. Jika dipandang dari faktor yang timbul dari luar individu (eksternal) ini terjadi dari yang pertama yaitu pada sekolah, karena metode ynag kurang memadai, pembentukan kurikulum yang kurang fleksibel, terlalu berat beban belajar murid dan masih banyak lagi. Lalu yang kedua pada keadaan keluarga, bisa saja terjadi karena keluarga yang tidak utuh atau kurang harmonis, karena sikap orang tua yang tidak memperhatikan  pendidikan anaknya serta keadaan ekonominya.

Selain itu, adapun faktor internal yang terjadi seperti adanya gangguan fisik, ketidak seimbangan mental , kelamahan emosional, dan kelemahan yang terjadi karena kebiasaan dan sikap salah. Dari beberapa faktor yang menyebabkan terjadi masalah itu maka kita harus tau bagaimana menyikapi sikap dari masalah tersebut. Setiap permasalahan bila disikapidengan cara yang berbeda maka akan mengahsilkan tindakan yang berbeda dan akan menghasilkan hasil yang berbeda pula.

  1. Maka dari itu, langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk bisa menyikapi masalah tersebut diantaranya
  2. kenalilah secara jelas apa yang sebernya menjadi masalah tersebut, karena terkadang kebanyakan orang tidak mengenali secara jelas apa masalh yang terjadi maka mustahil untuk dapat menemukan solusinya.
  3. Berfokus pada solusi dari sebuah permasalahan, jangan hanya terpaku diam tanpa adanya pemikiran pemecahannya. Kebanyakan biasanya hanya dapat mengeluh yang justru akan menutup kreatifitas otak untuk dapat berpikir.
  4. Ambillah hikmah dari setiap masalah yang ada, karena setelah masalah yang telah diberakhir maka hal yang harus dilakukan berusa mensyukuri atas apa yang menjadi masalah itu. Dan setiap permasalahan yang ada pasti akan membawa hikmah yang bisa mengarahkan pada perbaikan diri kita.

Itulah penjelasan singkat dari saya. Semoga dapat bermanfaat. Terimasih dan sampai jumpa lagi.

By: Aulia Nur Tanzila

Berlangganan via Email