Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Solusi Mengatasi Anak Malas Sekolah?


Bagaimana Solusi Mengatasi Anak Malas Sekolah?

Assalamu’alaikum teman-teman, kali ini saya akan membahas tentang apa sih penyebab anak malas sekolah? Lalu bagaimana penyelesaian nya. Biasanya sekolah adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Apalagi disekolah mereka bisa bermain dengan banyak teman. Tapi untuk sebagian anak yang mempunyai masalah dengan sekolah, mungkin tidak akan berfikiran seperti di atas. Mereka akan sangat malas untuk berangkat ke sekolah. Mereka akan mencari segala alasan untuk menghindari sekolah. Nah jika kalian mempunyai anak didik yang malas sekolah, kalian wajib menyimak penjelasan berikut ini:

Penyebab anak malas ke sekolah
Penyebab anak malas berangkat ke sekolah sangat bervariasi, karena mereka memiliki alasan  tersendiri untuk hal itu, seperti dibawah ini:
1. Sulit menerima pelajaran tertentu
Jika anak tidak bisa menguasai atau tidak paham dengan mata pelajaran, maka anak akan merasa malas dan bosan untuk bersekolah. Karena mereka kurang bersemangat. Mereka merasa tertinggal dan merasa kesulit an. Oleh karena itu peran orang tua disini sangat lah dibutuhkan. Orang tua harus selalu memperhatikan perkembangan nilai anak. Ketika belajar dirumah orang tua harus memastikan jika anak tersebut benar-benar mengerti meskipun tidak menguasai seuutuh nya.

2. Ada masalah dengan teman nya
Biasanya anak akan malas pergi ke sekolah jika dihari sebelum nya ada konflik dengan temannya. Mereka akan malas bertemu lagi dengan teman-temannya,  hingga akhirnya yang lebih parah nya, mereka sampai ingin pindah sekolah. Tapi biasanya mereka tidak akan bicara alasannya untuk pindah sekolah, mereka hanya memaksa supaya orang tua memindahkan ke sekolah lain.

3. Menjadi bahan bully an
Jika sudah membahas tentang bully, siapa sih yang gak greget? Bully tidak hanya sebatas mengolok-olok saja. Di minta i uang, disuruh belikan ini itu, di suruh ini itu juga termasuk dalam kategori bullying. Jika sudah terkena bully maka sang anak akan sangat sulit untuk berangkat ke sekolah. Karena mereka merasa terancam dan tidak nyaman berada di lingkungan tersebut. Sekuat apapun orang tua memaksa berangkat tapi tetap saja sang anak menolak nya karena takut.

4. Takut kepada guru
Terkadang guru killer juga menjadi faktor anak untuk malas pergi ke sekolah. Apabila dihari itu guru tersebut mengajar, maka sang anak tidak ingin untuk pergi sekolah. Entah karena sering di marah i karena sang anak salah, atau mungkin cara mengajarnya yang kurang tepat.

5. Kurang nya perhatian orang tua
Anak sekolah dasar dimana waktu nya anak memperoleh perhatian lebih. Jika tidak memperoleh perhatian, maka mereka akan melakukan hal-hal yang nyeleweng untuk menarik perhatian orang tua nya. Seperti bolos  sekolah, dengan cara itu mereka akan diperhatikan orang tua nya. Meskipun kadang orang tua menyikapinya dengan cara marah-marah. Namun ada juga orang tua yang langsung paham dengan sikap anak nya.

6. Lelah dalam beraktivitas
Di dunia pendidikan sekarang ini diterapkan full day school. Itu berarti anak lebih menghabiskan banyak waktu disekolah, les, ngaji dan lain-lain. Malas berangkat sekolah juga dipengaruhi ono faktor ini. Jika anak kelelahan maka anak akan malas untuk bangun pagi hari apalagi untuk berangkat ke sekolah.

7. Lingkungan sekitar
Lingkungan sekitar sangat berpengaruh bagi anak, apalagi anak sedang berada di fase selalu nurut teman. Misalnya saat main pada malam hari sang teman mengajak untuk begadang, bermain tiada henti, apalagi sampai mengajak untuk tidak bersekolah esok harinya.
Diatas adalah 6 dari sekian banyak penyebab anak malas untuk berangkat ke sekolah. Lalu bagaimana peran guru untuk mengatas hal tersebut? Yuk simak.

Penyelesaian:
1. Memanggil siswa untuk membicarakan masalah yang dihadapi. Guru menempatkan diri sebagai teman, agar siswa lebih nyaman dan terbuka. Sehingga siswa dapat bercerita semua tentang permasalahan nya.

2. Jika siswa tidak masuk sekolah beberapa hari, maka guru harus berkunjung ke rumah nya. Untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi siswa tersebut. Apabila sudah menemukan masalah nya, maka guru, orang tua dan guru konseling akan mengambil keputusan untuk yang terbaik.

3. Jika masalah nya dengan teman, maka guru harus memanggil keduanya untuk mencari tau permasalahannya dan menyelesaikan dengan baik. Agar kedua nya tidak merasa tersinggung, karna jika salah satunya merasa tersinggung akan menimbulkan masalah baru.
4. Jika masalah nya dengan guru, bicarakan dengan baik ambil solusi yang terbaik dan saling menguntungkan.

5. Jika permasalahan nya karena lingkungan. Maka berikan motivasi tentang sangat penting nya sekolah untuk masa depan mereka.

6. Nah jika yang terakhir ini masalahnya karena bullying, maka guru harus memanggil si pembully ini, dan menegur tanpa memarahi nya. Berikan informasi tentang bahaya bullying, dampak bullying, dan apapun tentang bullying. Hingga pembully merasa bersalah dan berjanji tidak mengulangi nya lagi.

Nah diatas sudah saya bahas penyebab dan penyelesaian jika siswa malas sekolah. Kalian bisa menggunakan trik diatas apabila memiliki siswa yang suka bolos dan malas sekolah. Mungkin dari penjelasan diatas ada kurang dan salah nya, saya mohon maaf. 
Wassalamu’aalaikum wr.wb

By: Mar'atus sholikhah

Berlangganan via Email