Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA

“AKU RELA DI PENJARA ASALKAN DENGAN BUKU,KARENA DENGAN BUKU AKU BEBAS”
MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA

Pernah dengar kata-kata itu guys, pastinya tidak asing lagi, iyakan… ?  yaps betul sekali,itu adalah untaian kata dari bapak MOHAMMAD HATTA wakil presiden pertama di negara kita. sederhana sih tapi.. maknanya sungguh luar biasa bukan .. kata-kata itu masih terus mengalir hingga sekarang , tak ada lagi tujuannya kalau bukan untuk memacu semangat kita agar lebih giat lagi membaca. Seperti peribahasa  “MEMBACA MEMBUKA JENDELA DUNIA” pasti kalian-kalian sering mendengarnya bukan ? bahkan ada yang bosan .. ups hhe.

Kebanyakan orang memang sangat malas untuk membaca,entah itu belum menemukan gaya membaca yang pas atau terlalu jenuh ketika membaca . “saya pengen banget lebih rajin membaca but, rasa malasnya itu loh…. Susah ilang” atau “ saya seneng sih baca-baca buku gitu tapii, tiap kali baru buka buku ituu kantuk mulai menyerang dan akhirnya malah ketiduran” Nah loh.. ada yang pernah ngalamin ?? pastinya ada lah yaa..,

lebih parahnya lagi masyarakat di Indonesia itu lebih gemar nonto tv,main game daripada membaca.padahal untuk menjadi negara yang maju, kunci utamanya adalah kualitas sumber daya manusia yang gemar membaca yang menurutnya harus menjadi kebiasaan masyarakat dan ditanamankan kepada anak usia dini.

Agar membaca itu bukan lagi sebuah kegiatan yang memaksakan, agar tidak lagi menjadi  suatu kegiatan mengerikan bahkan bunuh-bunuhan (ahh lebay :D) , yuk kita budayakan membaca agar membaca itu  bukan lagi menjadi sebuah keharusan atau sesuatu yang dipaksakan tapi membaca sudah menjadi sebuah kebutuhan ,  jika kita jadikan kegiatan membaca itu sebuah kebutuhan, maka setiap harinya kegiatan itu sangat menyenangkan bahkan ketagihan.. tidak lagi ngedumel dalem hati yang penuh dengan paksaan . apalagi dizaman sekarang ini yang notabennya membaca bukan dari buku saja melainkan sudah ada media digital seperti  e-book,internat dan lainnya, harusnya di era informasi seperti ini minat baca seseorang semakin bertambah karena tidak melulu membaca hanya dengan buku saja.

Bagaimana cara menumbuhkan minat baca agar kita selalu senang dan ketagihan membaca?
Ini dia jawabannya, langkah awal untuk menumbuhkan minat baca kita,  simak baik-baik yah guys dan terapkan dalam keseharian 
1. Menentukan tujuan
membaca bukanlah aktivitas yang sederhana, dengan membaca kita juga melibatkan pikiran didalamnya. jadi pastikan dulu apa tujuan kita membaca tuannya agar kita lebih tepat dalam menemukan informasi.

2. Membuat Perencanaan Dalam Membaca
setelah menemukan tujuannya, kita juga harus membuat perencanaan. yakni target membaca, lihat kemampuan kita terlebih dahulu, seberapa lama dan seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membaca. misalnya ditargetkan " satu buku satu bulan harus selesai"  sedikit tapi istiqomah maka manfaatnya akan lebih terasa.

3. Memulai Dari yang Paling di Sukai
biasanya jika dimulai dari yang disukai maka gairah semamngat membaca itu lebih tinggi, dengan ini diharapkan akan terbawa ketika membaca buku apapun.

4. Aturlah Waktu Anda
Tidak punya waktu satu alasan yang sering diungkapkan oleh seseorang ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat menjadi capek dan sedikit punya waktu dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya tidak banyak. Namun itu bukan alasan kenapa seseorang enggan membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak. Hanya saja seseorang cenderung mengingkarinya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiliki waktu luang, meskipun hanya antara 30 menit sampai  1 jam. Benar gak? Tidak…..!!! Ini adalah jawaban orang yang hidupnya saya yakin tidak menyenangkan, hehe. Saya rasa tidak perlu saya panjang lebar, intinya adalah  kenali waktu luang anda dan gunakan itu untuk membaca, kalau perlu bawalah selalu buku kemana pun anda berada, sehingga kapan saja ada waktu luang anda bisa membacanya.

5. Mulailah Secara Bertahap
Banyak orang ketika menemukan semangat membaca pertama kali, biasanya mereka ingin langsung membaca buku, ada juga yang langsung mencari buku di toko buku, kemudian ia menyempatkan waktu yang banyak untuk itu.  Sampai-sampai mereka mengorbankan waktu-waktu yang lain hanya untuk membaca buku, bagi mereka buku adalah hal yang sangat penting. Bagi orang yang seperti ini saya mengatakan “Santai saja bro…perlahan-lahan saja, tidak usah terlalu nafsu. Sesungguhnya membaca itu hanya butuh istiqomah atau kontinuitas, khususnya bagi mereka yang belum terbiasa membaca. Karena kalau tidak anda akan cepat merasa bosan.

6. Bersungguh-sungguhlah
Pernah mendengar pepatah Arab yang berbunyi “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Dalam membaca pun di butuhkan kesungguhan. Siapa orang yang bersungguh-sungguh dalam membaca, maka manfaat besar pun akan diraih. Sekarang coba anda tanyakan pada diri anda sendiri, selama ini sudahkah anda bersungguh-sungguh dalam membaca? Kalau sudah saya mengucapkan selamat, semoga manfaat besar akan segera anda raih. kalau belum, mulai detik ini segeralah rubah kebiasaan anda itu, mulailah mengambil sebuah tanggung jawab besar bahwa dengan membaca anda hidup anda dan hidup orang lain akan lebih bahagia.

7. Membeli buku
salah satu strategi saya agar gemar membaca buku adalah dengan membeli buku , menyisihkan sebagian dari uang jajan dikumpulkan untuk membeli buku tersebut . mengapa menerapkan strategi tersebut ? kerena jika tidak dibaca kan sayang , udah dibeli masa sih ngga dibaca . iyakan . nah terus gimana dong kalo nggabisa nyisihin uang ? strateginya ada di poin selanjutnya

8. Manfaatkan Sarana Yang Ada
Jika di sekolah atau di rumah anda ada perpustakaan maka manfaatkan sarana itu dengan baik. Tentunya tidak semua orang punya koleksi buku bacaan yang banyak dan bermanfaat. Karena itulah sarana yang ada ini harus anda manfaatkan dengan baik. Mungkin anda bertanya “bagaimana dengan orang yang sudah tidak sekolah atau di rumahnya tidak ada perpustakaan? Tentu saja masih banyak hal yang bisa dilakukan misalnya dengan membeli buku, atau anda cari buku elektronik di internet, di sana pun anda bisa mendapatkan banyak bahan bacaan yang bagus dan bermanfaat.

9. Sampaikan Apa Yang Anda Baca
Ketika seseorang sudah bisa mendapatkan ilmu dari sebuah buku, maka Dia wajib menyampaikan ilmu itu kepada orang lain. Seperti yang disabdakan Rasulullah Saw “Sampaikan yang datang dariku walau hanya satu ayat” (HR Bukhari).

Dari hadist tersebut adalah sebuah pelajaran yang dapat kita ambil yaitu kita dituntut untuk mengajar orang lain dari apa yang telah kita pelajari. Hal ini memberikan dua manfaat. Pertama, manfaat buat diri kita sendiri. Dengan kita berbagi, ilmu itu akan semakin terpatri di dalam otak, sehingga kita akan semakin memahami apa yang telah kita pelajari, dan saya yakin Allah akan mewariskan ilmu lain yang belum kita ketahui. Kedua, manfaat buat orang lain. Manfaatnya seperti bisa membantu orang lain keluar dari masalahnya, memberikan pengetahuan baru bagi orang lain, membukakan pikiran dan hati orang lain dari kebuntuan dan lain-lain. Satu hal yang harus kita catat “Setiap Anda mengajarkan manusia, maka Allah akan menambah ilmu Anda.

Tak perlu membaca terlalu banyak , sedikitpun tak mengapa asalkan istiqomah

By: https://lensaketjeh.blogspot.com/2016/03/membaca-membuka-jendela-dunia.html

Berlangganan via Email