Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Siswa Akidah Ahklak Kelas 5 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Setelah terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri dari;  al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs dan MA/ MAK semua peminatan. Keperluan untuk MA Peminatan Keagamaan diterbitkan buku Tafsir, Hadis, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadit, Ushul Fikih, Ilmu Kalam, Akhlak Tasawuf dan Bahasa Arab berbahasa Indonesia, sedangkan untuk peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK) diterbitkan dengan menggunakan Bahasa Arab.
Buku Siswa Akidah Ahklak Kelas 5 MI Sesuai KMA 183 tahun 2019

Sebagai langkah awal, pengguna perlu membaca bagian pendahuluan buku ini untuk  memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 sesuai KMA 183 tahun 2019.

Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Peta konsep, stimulus awal, pemahaman materi, dan Penilaian serta Interaksi peserta didik dengan orang tua atau dengan lingkungan.

Guna memaksimalkan  pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan berpusat pada peserta didik, guru mendorong peserta didik untuk memperhatikan petunjuk atau instruksi yang terdapat dalam setiap bab sehingga menjadi fokus perhatian peserta didik.

Buku Siswa ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Agama, dan dipergunakan dalam penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “Dokumen Hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Buku teks pelajaran  PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah. Agar ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan dunia sekaligus di akhirat kelak.  

Oleh karena itu, buku ini masih dalam tahap uji publik sehingga para pembaca dapat memri saran terkait kesempurnaan buku ini, untuk lebih jelasnya bisa di unduh disini

Berlangganan via Email