Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Pegawai Negeri Sipil

Dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, perlu adanya fondasi yang kuat dalam menjalankan sistem pemerintahan yang baik, bersih dan berkualitas. Hal tersebut didukung pula oleh sumber daya alam yang berintegritas salah satunya dengan sistem pembelajaran yang baik. Untuk itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup pendidikan secara umum dan perguruan tinggi secara khususnya harus bersikap profesional, berintegritas, dan bersih dari kepentingan perorangan, kelompok maupun partai, serta menjunjung tinggi nilai dasar Pancasila.
Contoh Laporan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar CPNS

Untuk membentuk PNS yang profesional salah satu kegiatan yang harus dilalui adalah Pelatihan Dasar CPNS selama 33 hari (288 JP) di Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan 80 hari (853 JP) untuk kegiatan habituasi ditempat kerja masing-masing. Selama mengikuti rangkaian LATSAR wajib mengikuti empat agenda yaitu : pertama, sikap prilaku bela negara; ke dua, nilai-nilai dasar PNS; ke tiga, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI; ke empat, Habituasi. 

Berdasarkan hasil studi lapangan I (implementasi nilai-nilai dasar PNS :ANEKA) dan II (Implementasi Kedudukan dan Peran PNS: Manajemen ASN, WoG dan Pelayanan Publik). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda II dan III yang dilaksanakan pada tanggal 22 dan 28 Mei 2018 bertempat di Universitas ............. Dimana dalam kegiatan tersebut penulis mengidentifikasi beberapa isu : kurang optimalnya pelayanan di ruang baca PGMI, sulitnya akses internet, kurangnya fasilitas transit mahasiswa seperti gazebo, minimnya sumber listrik, kurangnya perhatian mahasiswa pada materi pembelajaran, serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran. 

Berdasarkan hasil analisis penulis baik dengan menggunakan AKPK maupun USG maka penulis menentukan core isu terkait oprimalisasi penggunaan media pembelajaran. Salah satu penyebab kurangnya perhatian mahasiswa terhadap materi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar adalah kebiasaan mahasiswa bermain dengan Hand Phone (HP)/mobile. Melihat hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan pembelajaran dengan mobile learning.

Tujuan Aktualisasi yakni Mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) , kedudukan dan peran PNS dalam NKRI (Manajemen ASN, Whole of Government dan Pelayanan Publik di Unit kerja di lingkungan kerja masing-masing Berkontribusi memecahkan isu terkini yang sedang terjadi di Unit Kerja masing-masing terkait dengan manajemen ASN, WoG serta pelayanan publik dengan menginternalisasikan  nilai-nilai dasar ASN (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi)

Adapun ruang lingkup dari aktulisasi yaitu internalisasi nilai-nilai dasar ASN (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) melalui pelayanan publik berupa “Peningkatan Penggunaan Media Mobile Leraning dalam Pembelajaran pada mata Kuliah Pengembangan Kurikulum MI/SD” yakni dimulai dari penyusunan RPS berbasis KKNI, desain PPT perkuliahan, desain evaluasi pembelajaran, integrasi modul dengan evaluasi, integrasi PPT dan evaluasi ke mobile, pelaksanaan proses belajar mengajar dan evaluasi proses dan hasi pembelajaran. 

Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia  yang berkulitas salah satunya melalui cara pelatihan dasar CPNS menuju terwujudnya dosen yang profesional. Salah satu rangkaian dari latsar adalah menyusun rancangan Aktualisasi, melaksanakan habituasi dan menulis laporan aktualisasi sebagai bentuk pertanggungjawaban secara administratif.

Aktualisasi Peningkatan penggunaan media mobile learning pada mata kuliah pengembangan kurikulum MI/SD” dengan langkah-langkah : Menyusun RPS berbasis KKNI, desain modul perkuliahan sesuai RPS, desain sistem evaluasi pembelajaran, itegrasi modul dengan evaluasi, membuat apk android, serta melaksanakan perkuliahan dan evaluasi proses pembelajaran berjalan sesuai rancangan yang telah diseminarkan.

Aktualisasi Peningkatan penggunaan media mobile learning pada mata kuliah pengembangan kurikulum MI/SD memiliki kontribusi terhadap penigkatan motivasi belajar mahasiswa, penggunaan mobile sebagai media media pembelajaran menjadikan pembelajaran efektif dan afisien, proses perkuliahan yang menyengkan dan pelaksanaan evaluasi yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Oleh karena itu untuk lebih jelasnya silahkan unduh contoh Laporan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Pegawai Negeri Sipil Disini

Berlangganan via Email