Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu

Seseorang perempuan mulia yang melahirkan, mendidik, dan mengajari. Mulai dari kita berada di dalam perutnya beliau sudah mengajak kita berbicara, melantukan ayat – ayat suci Al – Qur’an, sabar menghadapi kita meskipun juga sering memarahi dan banyak hal – hal kecil lain yang beliau perbuat sampai  beranjak dewasa seperti ini. Ibu akan selalu menjadi malaikat penjaga dan penyayang untuk kita sampai akhir hayatnya. 
Doa ibu

Ternyata benar bahwa realita ketika jauh lebih dengan orang tua sangat tidak menyenangkan. merindukan kumpul bersama dirumah, buka puasa dan sahur bersama, berantem dengan adik atau kakak, banyak sekali hal yang dirindukan ketika tidak bersama mereka.

Doa ibu dan kasih ibu akan selalu abadi sepanjang masa. Ibu selalu mengajari hal yang terbaik buat masa depan kita, memberikan nasihat ketika kita ditimpa banyak masalah, membimbing kita agar tetap berada di jalan yang benar, dan mendoakan kita agar sukses dimanapun kita berada.

Tetapi disaat kita sudah dewasa rasanya makin jauh dengan ibu, bukan makin mendekat. Seakan – akan kita mampu melakukan hal apapun itu sendiri. Lain dengan seseorang yang sudah tidak memiliki ibu, mereka merasakan kehilangan mereka belum sempat membahagiakan ketika ibunya masih ada. Kita yang masih memiliki seorang ibu haru pandai bersyukur, bahagiakan ibu kalian, bikin beliau banggsa pada anaknya yang sedang berjuang untuk masa depannnya ini.

Meskipun terkadang ibu juga pernah membuat kesal terhadap kita, mendiamkan kita, tetapi beliau masih memikirkan dan mengkhawatirkan kita. Tidak selamanya ibu selalu bersama kita, ibu kita akan pergi selamanya entah cepat atau lambat. Tidak mungkin ketika beliau meninggalkan kita, kita merasa senang tapi kita akan selalu merindukannya ketika omelan itu sudah tidak terdengar lagi di telinga kita.

Kita harus berbahagia ketika saat ini masih dimiliki seorang ibu, karena masih ada yang khawatir, masih ada yang memperhatikan kita, masih ada yang mengomeli kita ketika kita salah, ataupun hal – hal kecil yang lain. Semenyebalkan apapun ibu di hidup kita, beliau tetaplah ibu kita.

Tugas ibu bukan hanya mendidik kita saja tapi banyak sekali tugas yang beliau kerjakan, beliau sosok yang tangguh, sosok malaikat tak bersayap bagi kehidupan kita tanpa ibu kita tidak akan terlambat masuk sekolah, bangun pagi, makan tepat waktu, dan banyak hal lainnya. Doa kan ibu walaupun hanya sejenak saja karena beliau sudah memberikan segala waktu dan doanya untuk kita.

Ibu selalu melakukan apapun agar bisa melihat kita meraih keberhasilan dan kesuksekan untuk kita, meskipun nyawa menjadi taruhannya. Ibu tidak pernah mengharapkan imbalan terhadap apa yang sudah beliau kasihkan kepada kita. Tanpa kita memerintahkan ibu, ibu akan memberikan segala yang beliau punya untuk kita. Kasih sayang seorang ibu adalah hal yang mahal dan tidak bisa di beli dengan apapun.

Senyum ibu membuat hati kita tentram, damai, dan nyaman. Seolah – oleh tidak ada masalah yang beliau hadapi, menutupinya dengan rapi tanpa harus kita tau. Kata – kata semangatnya dan kata – kata nasihatnya selalu diberikan kepada kita agar kita tetap semangat untuk melanjutkan masa depan. Tanpa kenal lelah juga beliau mengajari arti kehidupan di dunia, mengajari bekal kehidupan di akhirat nanti.

Begitu banyak hal yang ibu lakukan untuk kita. Kata terima kasih pun masih kurang untuk segala sesuatu yang diberikan mulai dari kita kecil sampai sekarang bahkan sampai nanti kita hidup berkeluarga. Muliakanlah seorang perempuan yang bernama ibu. Contohlah ibu kita saat ini untuk bekal berkeluarga di masa depan nanti, apabila ibu kita masih belum baik dalam mengajarkan kita karena ibu kita masih menirukan nenek kita dalam menggajarkanmu maafkanlah ikhlaskanlah, ibu hanya mau menjadikan kita menjadi anak yang terbaik anak yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Kita harus menginspirasi seorang ibu,karena dari beliau kita belajar arti dari perjuangan, kesabaran, keteguhan dan kecintaan seorang ibu kepada anak – anaknya. Penghargaan jasa seorang ibu tidak dilihat dari banyaknya harga yang beliau berikan kepada kita tetapi menjadi anak yang berbakti, berguna bagi nusa dan bangsa ataupun agama itu merupakan penghargaan yang terbaik kita berikan kepada ibu kita.

Di dalam agama islam juga dijelaskan ibu adalah madrasah yang pertama buat seorang anal. Dan dijelaskan juga bahwa surga di telapak kaki ibu yang dijelaskan di dalam hadist Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW juga menempatkan ibu pada tingkatan pertama, kedua, ketiga, dan yang terakhir adalah ayah. Itulah mengapa ibu sosok perempuan mulia yang luar biasa.

Cintailah ibu kalian sebelum mereka tidak ada di dunia ini, buatlah mereka bahagia, berikan yang terbaik untuk mereka, jangan bikin mereka menyesal dengan perbuatan yang kita bikin, berikan doa yang terbaik untuk mereka, karena ridho Allah itu terdapat pada ridho orang tua.  Nurleila Rizqi Putri

Berlangganan via Email