Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara aktivasi DOI menggunakan OJS 3

Bagi bapak/Ibu pengelola jurnal terbitan berkala ilmiah, tentu tidak asing lagi yang namanya DOI. Karena DOI merupakan singkatan dari Digital Object Identifier dari crossref.org, DOI diberikan kepada beberapa jenis terbitan salah satunya adalah artikel ilmiah yang di terbitkan oleh journal managemen system atau OJS.
Cara aktivasi DOI menggunakan OJS 3

Nah salah satu tugas bapak/ibu setelah mempublish artikel di OJS masing-masing selain indexing tentu saja harus mengaktifkan DOI karena dibeberapa pengindeks tentu metadantanya bersumber dari DOI tersebut. Sehingga ini sangat penting untuk diperhatikan di semua artikel yang telah terbit. 

Oleh karena itu, jika bapak/ibu masilh bingung atau lupa cara mengaktifkan DOI setelah publish artikel di jurnal yang Bapak/Ibu kelola pada institusi masing-masing, maka berikut ini saya akan memberikan cara mengaktifkan DOI menggunakan OJS 3. Adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Login di OJS masing-masing bapak ibu menggunakan akun Journal manager atau managing editor atau yang lainnya berdasarkan tupoksi masing-masing. Untuk contoh ini saya menggunakan akun managing editor.
2. Setelah logi pilih “TOOLS” => Lalu pilih “Inport/Export” dan klik “CrossRef XML Export Plugin” lalu akan muncul tampilan baru pilih “Settings” dan pastikan sudah terisi “Depositor Name” dan “Depositor Email” isian tersebut bebas asal pengurus journal. Setelah itu klik menu “Articles” lalu centang semua artikel yang akan di aktifkan doi nya lalu klik “Download XML” seperti gamabar berikut ini :
 
3. Setelah anda berhasil mendownload file XML nya silahkan simpan, jika ada tidak punya akses ke doi crossref, maka file XML tersebut yang harus anda berikan ke admin institusi anda untuk dilakukan aktivasi. Namun jika anda juga punya akses ke doi crossref, maka bisa melanjutkan ke poin selanjutnya, yaitu silahkan buka link https://doi.crossref.org atau https://doi.crossref.org/servlet/useragent maka silahkan login menggunakan akun masing-masing, seperti gambar berikut :
 
4. Setelah login silahkan pilih menu “Submissions” lalu “Upload” lau klik “File Name” untuk mengapload file XML yang telah di Export tadi dari OJS, lalu pilih “Metadata” lalu klik “upload” sampai muncul tulisan sukses. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut
 
5. Jika sudah sampai pada tahap ini itu artinya DOI artikel sudah di aktivasi, silahkan tunggu beberapa menit lalu pastikan apakah DOI sudah aktif silahkan buka OJS masing-masing lalu klik DOI artikel yang barus saja di aktifkan, jika tidak muncul eror itu artinya DOI nya sudah aktif, namun jika tetap eror maka perlu pengecekan lebih lanjut, namun akan saya bahas pada artikel berikutnya

Jika masih bingung bisa melihat vidio berikut ini :
Demikain panduan cara mengaktifkan DOI pada OJS 3, semoga berhasil sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.

Berlangganan via Email