Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petani; Hasil Panen Menurun


Jombang, 17, April 2019, Saat pemilu berlangsung, justru para petani sedang sibuk memanen padi. Panen padi ini adalah moment yang dinanti-nantikan oleh sejumlah petani. Para petani sudah bersiap-siap dari pagi hari, mereka mulai pagi hari sudah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memanen, mulai dari sabit, karung dan lain-lainnya. Saat matahari mulai muncul mereka dengan segera pergi ke sawah untuk mengambil pagi yang sudah siap dipanen. 

Namun, padi yang dipanen hasilnya tidak seperti biasanya. Di sawah banyak padi yang tidak berdiri lagi alias roboh. Hal ini karena beberapa hari yang lalu terjadi hujan deras dan angin yang sangat kencang, karena hal itu panen saat ini dirasa tidak seperti biasanya "ujar salah satu petani"

Biasanya saat sudah diambil dan akan dibawa pulang padi yang dimasukkan dalam karung bisa mencapai 25-28 karung, namun saat ini hanya sekitar 20-23 karung. Meskipun demikian para petani di desa Sumberagung ini masih bersyukur karena masih bisa panen, dari pada di desa sebelah yang gagal panen akibat padinya dimakan oleb wereng (hama pada padi). Kata salah satu petani "tetap disyukuri saja hasilnya, untung saja masih bisa panen, meskipun hasilnya tidak seperti biasanya." (UH)

Berlangganan via Email