Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menghindari Macet

Di kota – kota besar seperti Ibu kota Jakarta, Surabaya dan sebagainya pasti tidaklah merasa asing jika di sebuah jalanan besar sering terjadi macet yang begitu yang panjang dan memakan waktu yang begitu lama. Melihat suasana Jalan Raya Ahmad Yani pada hari Selasa 16 April 2019 minggu lalu begitu ramai dan padat sekali akan kendaraan sehingga menyebabkan macet yang begitu sangat panjang. Hal ini terjadi karena menjelang pemilihan presiden 2019 yang dilaksanakan pada hari Rabu 17 April 2019 minggu lalu, ditambah dengan liburan panjang menjadi faktor para karyawan dan mahasiswa serta beberapa orang yang merantau memilih untuk balik ke kampung halaman masing – masing.


Karena banyaknya warga yang pulang kampung hal ini menjadi berkah tersendiri bagi orang – orang yang menyediakan jasa antar jemput seperti ojek, ojek online, taksi online dan beberapa transportasi lainnya. Sehingga biaya tarif antar jemput yang biasanya sekitar beberapa ribu rupiah menjadi meningkat sedikit lebih mahal. Agar bisa pulang kampung kebanyakan masyarakat memilih menggunakan jasa antar jemput ojek online sehingga ada beberapa orang kesulitan memesan jasa ojek online untuk mengantar mereka ke tujuan sebab pelayanan ojek online banyak menerima pesanan.


Tidak habis akal beberapa orang yang kesulitan memesan jasa ojek online pun memilih ojek biasa dan beberapa transportasi lain seperti mini bus dan bus kota agar mereka bisa sampai ke tempat tujuan. Namun tak jauh berbeda dengan biaya tarif ojek online yang meningkat sedikit lebih mahal pun juga berlaku pada transportasi lain seperti bus salah satunya. Saking banyaknya transportasi membuat jalanan menjadi macet total belum lagi dengan kebiasaan masyarakat sekitar yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi di jam – jam karyawan, mahasiswa dan beberapa masyarakat lain pulang dari kerja atau pun sekolah menambah parahnya macet jalanan saat itu. 


Butuh ekstra sabar dan teliti jika terjebak macet total di jalan tidak hanya itu kita juga harus meningkat kewaspadaan kita sebab apabila kita lalai sedikit saja bisa berakibat fatal bagi kita sendiri dan orang lain pun juga ikut merasakan dampaknya. Bisa dibayangkan bagaimana suasana jalanan macet menjelang pemilihan presiden saat itu belum lagi hari – hari besar serta liburan – liburan panjang lainnya yang sudah menanti. Maka dari itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memulai perjalanan khususnya perjalanan yang memakan waktu lama dan cara  mengatasi terjebak macet di jalan.


Pertama hal yang bisa kita lakukan ialah membuat rencana jauh – jauh hari seperti menentukan tanggal keberangkatan, mempersiapkan segala kebutuhan yang akan dibawa nantinya. 
Kedua usahakan menggunakan transportasi umum untuk mengurangi volume banyaknya kendaraan yang memicu kemacetan, jika terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi maka banyak-banyaklah mencari info tentang jalan-jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Serta cek selalu kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Ketiga berangkatlah lebih awal jika dirasa akan terjebak macet panjang sehingga sampai di tujuan tepat waktu.

Keempat usahakan tidak bermain gadget atau ponsel seperti mendengarkan musik, membalas pesan, menjawab telepon. Namun jika dirasa telepon sangat penting sebaiknya berhenti di tepi jalan.
Kelima fokus dan tertib lalu lintas, saat berkendara sebaiknya pandangan kita tetap fokus ke depan serta ikuti rambu – rambu lalu lintas yang ada. Jangan memaksakan diri jika kondisi kurang fit atau pun lelah dalam berkendara lebih baik berhenti mencari tempat untuk beristirahat sejenak.

Oleh : Dyah Ayu Taula

Berlangganan via Email