Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DI TENGAH2 PANDEMI TETAP KITA NGAJI

DI TENGAH-TENGAH PANDEMI TETAP KITA NGAJI

Oleh: KH. Abd Manan
تعليم متن
نصائح العبادللشيخ
شهاب الدين إبن حجر العسقلنى

( Selasa, 09 Juni 2020)

بسم الله الرحمن الرحيم

45. Sebab-sebab Ilmu Bermanfaat

Diterangkan dalam sebuah riwayat, bahwa seseorang dari kaum Bani Isra’il telah mengumpulkan buku yang berisi ilmu sebanyak delapan puluh peti, tapi tak satu pun dari semuanya itu yang bermanfaat baginya. Karenanya Allah menurunkan wahyu kepada Nabi mereka, agar memberikan nasihat kepada orang itu:

لَوْ جَمَعْتَ كَثِيْرًا مِنَ العِلْمِ لَمْ يَنْفَعْكَ إلاَّ أَنْ تَعْمَلَ بِثَلاَثَةِ أَشْيَاءَ: لاَ تُحِبُّ الدُّنْيَا فَلَيْسَتْ بِدَارِ المُؤْمِنِيْنَ وَلاَ تُصَاحِبِ الشَّيْطَانَ فَلَيْسَ بِرَفِيقِ المُؤْمِنِيْنَ وَلَا تُؤَذِّ اَحَدًا فَلَيْسَ بِحِرْفَةِ المُؤْمِنِيْنَ

"Seandainya kamu kumpulkan ilmu lebih banyak dari itu semua, tentu tidak akan bermanfaat bagimu, melainkan dengan mengerja-kan tiga perkara yaitu, janganlah kamu mencintai dunia, karena ia bukanlah balasan bagi orang-orang yang beriman, janganlah kamu bersahabat dengan syaitan, karena ia bukanlah sahabat orang-orang yang beriman dan janganlah kamu menyakiti seorang pun, karena hal itu bukan perbuatan orang-orang yang beriman.”

Keterangan:
Tempat yang kekal abadi penuh dengan kebahagiaan bagi orang-orang yang beriman itu bukanlah dunia, melainkan akhirat. Bersahabat dengan syaitan itu maksudnya adalah mengikuti ajakan dan bujuk rayunya, sehingga terjerumus ke dalam perbuatan yang melanggar syara’.

والله أعلم بالصواب

دعاء بعد ختام المجلس

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَلّٰلهُمَّ نَظِّمْ أَحْوَالَنَا وَحَسِّنْ أَفْعَالَنَا، وَخَلِّصْنَا مِنْ أَلَمِ الْفَقْرِ وَالذُّلِّ وَاعْصِمْنَا مِنَ الْبَلَاءِ وَالْوَبَاءِ وَالطَّاعُوْنِ، وَمِنْ شُرُوْرِ الْأَعْدَاءِ وَالشَّيَاطِيْنِ وَالنَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ. اَلّٰلهُمَّ يَسِّرْ لَنَا الْإِنْتِظَامَ فِى جَمِيْعِ الْأُمُوْرِ الدِّيْنِيَّةِ وَالدُّنْيَوِيَّةِ وَحَصِّلْ مُرَادَنَا بِالْخَيْرِ. اَلّٰلهُمَّ بَعِّدْنَا مِنَ الشَّرِّ وَالْعِصْيَانِ. اَلّٰلهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ. يَا مُحَوِّلَ الْحَوْلِ وَالْأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالَنَا إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ. اَلّٰلهُمَّ يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ، وَيَا خَالِقَ جَمِيْعِ الْأَفْعَالِ، وَفِّقْنَا لِنِيَّةِ الْخَيْرِ فِى جَمِيْعِ الْأَقْوَالِ وَالْأَحْوَالِ. اَلّٰلهُمَّ سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا، وَلَا تَسْلُبْ وَقْتَ النَّزَعِ إِيْمَانَنَا، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُنَا وَارْزُقْنَا خَيْرَىِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. .سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ . وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِين.وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

بسر الأسرار الفاتحة