Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ngeprint Bolak Balik untuk membuat booklet

Proses dan cara dalam menjalankan atau menyelesaikan sebuah pekerjaan disetiap manusia berbeda-beda, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh tingkat kesenangan dan cara padang mereka masing-masing, namun pada intinya tujuannya sama yaitu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Nah begitu pula dalam penggunaan komputer khusunya terkait cara ngeprint tugas masing-masing, ada yang senang ngeprin dengan model biasa, ada yang sukanya dengan timbal balik, dan bahkan tidak sedikit juga yang suka dengan cara ngeprint dengan model timbal balik plus model buku (booklet).

Namun pada tutorial ini saya fokuskan pada bagimana cara ngeprint dengan model bolak balik seperti buku, karena model ini telah menjadi salah satu model faforit teutama dikalangan pelajar dan mahasiswa jika ingin membagikan materinya kepada mahasiswa yang lain atau peserta dalam forum diskusi kelas atauseminar lainnya.

Model ngeprint bolak balik, sangat disukai terutama para mahasiswa karena disamping kelihatannya rapi dan praktis mudah di simpan, tetapi disisi lain yang sangat menguntungkan adalah nilai ekonomisnya yang dapat mengurangi biaya pengeluaran bagi para penggunanya, karena yang tadinya harus menggunakan banyak kertas, dengan menggunakan model booklet tentu akan dipangkas sampai pada ½ dari semestinya.

Berdasarkan hal tersebut diatas, memberikan penjelasan bahwa bagimana sebenarnya manfaatnya, sehingga tidak ada salahnya anda coba jika belum pernah menggunakan sebelumnya. Dan cara inipun sebenarnya merupakan hal kecil, tetapi tentu jika disadari itu sangat bermanfaat buat anda.

Hal tersebut pulalah yang membuat saya tertarik untuk membagikan tutorial ini karena saya sendiri mengalami dan menerapkan model seperti itu jika ingin membagikan tugas-tugas kuliah saya teman-teman yang lain ternyata triknya cukup mudah tinggal ngeprin bolak-balik dan apa lagi kalu model spasi dan ukuran huruf dikecilkan tentu lebih ekonomis lagi.

Itulah cara saya dalam menyelesaikan tugas kuliah dengan menghemat ekonomi, maklum ya saya berfikiran ekonomis karena memang saya tergolong ekonomi lemah tetapi punya kemamuan yang tinggi untuk sekolah juga seperti yang lain. Namun pada tutorial ini saya menggunakan word versi 2016 dan printer tipe Canon iP2700. Untuk tipe yang lain kurang lebih sama.

Jika anda tertarik silahkan dengan cara seperti itu, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah berikut :
Langkah Pertama : Siapkan Printer dan perangkatnya yang support dan tentunya file yang akan anda print dengan model bolak balik. 

Langkah kedua : jika file yang anda akan cetak sudah terbuka, silahkan print dengan cara  tekan CTRL+P pada keyboard anda masing-masing, maka akan tampil tampilan seperti berikut ini : 
 
Cara Ngeprint Bolak Balik untuk membuat booklet

Keterangan :
Printer : Pastikan model pernter yang anda gunakan
Printer Propertias : di gunakan untuk mengatur model ngeprintnya
Pengesetan halaman : berisi pengaturan dan lain-lain
Tata letak halaman : pilih dengan model Buku
Ukuran halaman : digunakan untuk mengatur jenis kertas yang akan digunakan dalam contoh ini saya gunakan kertas ukuran A4
OK : digunakan untuk melanjutkan ngeprint lalu klik Print.

Langkah ketiga : setelah anda klik ok, itu artinya anda sudah mencetak untuk tahap pertama, silahkan tunggu sampai muncul tampilan seperti berikut ini 
 
Cara Ngeprint Bolak Balik untuk membuat booklet

Silahkan balik ketas hasil cetak tahap pertama dengan mengikuti prosedur seperti diatas lalu lanjutkan untuk mencetaknya samapi selesai. Jika anda suah sampai tahap ini itu artinya, anda telah berhasil melakukan ngeprin bolak balik dengan model buku. Terima kasih semoga bermanfaat untuk anda, sampai jumpa di tutorial berikutnya.....




Berlangganan via Email