Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Darurat Kesehatan Kala Pandemi Virus Covid 19

Pemberitaaan tentang adanya virus covid 19 yang sudah menjadi trending topik di berbagai macam media informasi telah dibuktikkan bahwa betapa besarnya masalah yang sedang terjadi saat ini. Seluruh masyarakat Indonesia telah dihimbau oleh pemerintah agar tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan supaya dapat mengantisipasi dari adanya virus covid 19 ini. Akibatnya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat itu sendiri namun dunia perekonomian, pendidikan, pariwisata, kesehatan, kehidupan beragama serta kehidupan social juga terbebani
Darurat Kesehatan Kala Pandemi Virus Covid 19

Virus covid 19 ini telah  menyebar keseluruh dunia termasuk negara Indonesia. Dengan adanya hal tersebut dapat kita indetifikasikan lebih lanjut tentang penyebaran virus covid 19 ini yang sangat berbahaya. Maka dari itu kita harus mengenali karakteristik atau ciri-ciri virus covid 19 yang dapat menyebar secara langsung maupun tidak langsung tetapi melalui benda-benda yang bisa tercemar seperti udara, tembaga, kardus, dan plastik . Jika covid 19 ini sudah menempel ketubuh manusia maka virus itu akan sangat berkembang pesat yang mengakibatkan gejala ringan seperti flu pada umumnya yakni flu, batuk, demam, dan radang tenggorokan tetapi juga dapat mengakibatkan gejala yang sangat fatal yakni mengenai saluram pernafasan sehingga menyebabkan infeksi paru- paru sampai pada kematian. Tetapi, kita sebagai manusia tidak perlu takut dengan adanya virus covid 19 karena setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Maka dari itu kita harus taat kepada pemerintah yang telah menghimbau kita untuk tetap menjaga Kesehatan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Setelah mengetahui karakteristik virus covid 19 diatas, maka dapat kita pelajari bahwa betapa pentingnya menjaga Kesehatan tubuh kita.  Ada beberapa Langkah yang bisa masyarakay terapkan dalam kehidupan sehari -hari agar terhindar dari virus tersebut. Yang pertama yakni dengan menghindari berpergian ke tempat – tempat umum seperti terminal, mall, pasar dan lain sebagainya. Yang kedua yaitu setelah bepergian atau saat bepergian di wajibkan bagi masyarakat menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran virus melalui udara. Yang ketiga yakni mencuci tangan kita dengan sabun lalu menggunakan hand sanitizer agar terhindar dari penyebaran virus covid 19 secara tidak langsung. Yang keempat yakni menghindari adanya pertemuan dengan banyak orang atau biasa disebut social distancing. Yang kelima yakni menjaga kebersihan lingkungan agar kehidupan kita terhindar dari berbagai macam penyakit karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Yang terakhir menjaga kesehatan tubuh kita ini adalah langkah yang sangat penting.

Jika kondisi kita dalam keadaan tidak sehat maka dengan sangat mudah tubuh kita terkena virus tersebut. Maka sebab itu mengapa menjaga kesehatan sangat penting bagi kita, karena kesehatan yakni modal utama dalam hidup agar dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan indah dan nyaman serta kita dapat melakukan aktifitas apapun yang kita sukai. Meskipun kondisi kita saat ini dalam keadaan sehat tetapi bukan berarti kita tidak memperhatikan kondisi kesehatan. Jika kita merasa tubuh kita tidak enak maka segeralah pergi ke puskesmas atau dokter terdekat, karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Tetapi ada beberapa tips yang perlu kita ketahui agar tubuh kita tetap sehat dan vit.

Yang pertama dengan meminum air putih. Adapun manfaat minum air putih bagi Kesehatan tubuh kita yakni dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, terhindar dari dehidrasi, serta dapat melancarkan sistem pernafasan tubuh. Di dalam Kesehatan terdapat aturan untuk minum air putih yakni 2 liter per hari dengan minum air putih setelah bangun tidur, sebelum makan, setelah dan sesudah berolahraga, ketika merasa letih, dan sakit.

Adapun masyarakat Indonesia yang masih mengkonsumsi minuman tradisional atau biasa disebut dengan jamu. Yang terbuat dari kunir, jahe serta gula yang di olah menjadi satu. Khususnya di desa yang saya tinggali saat ini proses olahan tersebut dijadikan sebagai serbuk manisan agar anak usia dini hingga anak remaja yang masih tidak menyukai jamu dapat menyukai jamu. Selain jamu, masyarakat khususnya pada umur lansia juga mengkonsumsi bawang putih yang telah dioleh dengan cara mengukus bawang putih tersebut dengan rice cooker sampai warnanya menjadi hitam. Karena manfaat dari bawang putih itu sendiri yakni dapat mencegah sakit batuk, jika dalam keadaan sakit dapat mengurangi gejala dan proses penyembuhan lebih cepat.

Yang kedua yakni berolahraga. Olahraga merupakan aktivitas di mana seseorang melatih tubunya agar tetap bergerak. Olahraga yang mudah yakni berlari, gymbastic atau biasa disebut dengan senam, bersepeda dan lain sebagainya. Manfaat dari olahraga yakni dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh kita supaya tetap sehat, menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung, paru-paru , membantu menjaga kekuatan otot, sendi dan tulang yang ada dalam tubuh kita serta dapat membakar lemak dalam tubuh kita dengan berjalan atau berlari. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh warga saat ini yakni berjemur di bawah sinar matahari tepatnya di pagi hari karena sinar matahari menghasilkann sinar UV (ultraviolet) jika menyentuh permukaan kulit diubah oleh tubuh menjadi vitamin D.

Yang ketiga yakni mengatur pola tidur kita. Tidur merupakan aktivitas yang sepele bagi kita tetapi aktifitas ini justru dapat mempengarahui kesehatan tubuh kita. Jika kita kurang tidur juga dapat berisiko besar bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan hati. Maka dari itu kita harus pintar mengatur pola tidur dengan mengatur durasi tidur kita yang berkisaran 8 hingga 9 jam. Yang keempat yaitu mengatur pola makanan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur mayur, serta makanan yang mengandung kaya akan vitamin agar tubuh kita tetap sehat dan kuat.

Dapat kita pelajari bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan pada saat kondisi negara yang lagi terserang oleh virus covid 19. Dengan mengikuti himbauan yang diberi pemerintah insyaallah masyrakat terhindar dari virus covid 19. Yang mana masyrakat harus menjaga kesehatan tubuh, menjaga lingkungan agar tetap bersih, serta mejaga adanya social distancing. Gres Jesy Faiha Islami

Posting Komentar untuk "Darurat Kesehatan Kala Pandemi Virus Covid 19"

Berlangganan via Email