Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Lengkap

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang terdiri dari sholat wajib dan sholat sunah. Sholat wajib artinya sholat yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala, dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Sementara sholat sunah, kita akan mendapatkan pahala jika melakukannya tetapi jika tidak mengerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

Bacaan Sholat Lengkap

Sholat dalam tafsiran bahasa artinya berdoa atau memohon kepada Allah, sedangkan menurut istilah adalah ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan atau doa -doa dan perbuatan yang dimulai dengan niat dan takbir serta diakhiri dengan salam sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. dasar perintah sholat di terangkan dalam Q.S An Nisa Ayat 103.


BACAAN SHALAT


Takbir

 

اَللهُ اَكْــبَرُ

Allah maha besar

 

"Doa Iftitah"

 

اَلَلهُـمَّ بَاعِـدْبَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَـمَابَاعَـدْتَ بَيْنَ اْلمَشْـِرِق وَاْلمَغْـِربِ، اَللَّهُـمَّ نَقِّنِـىْ مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّـوْبُ اْلأَ بْيَضُ مِنَ الـدَّنَس، الَلَّهُـمَّ اغْسِـلْ خَطَا يَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَاْلبَـرَدِ.

Ya Allah, Jauhkanlah antaraku dan antara segalah kesalahanku, sebagai mana Engkau telah jauhkan antara Timur dan Barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan sebagaimana bersihnya pakain putih dari kotoran. Ya Allah, cucilah segalah kesalahanku dengan air, salju dan air hujan beku.

 

Ta'awwudz”

 

اَعُوْ ذُ بِا للهِ مِنَ السَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Aku memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk

“Basmalah”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang

 

 “Al-Fatihah”

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. الَرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.  مَالِكِ يَوْ مِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَايَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَ اطَ اْلمٌسْتَقِيْمَ. صِرَ اطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَا لِّيْنَ.

“Ta’amin”

اَمِيْن

“Membaca salah satu Surah”

 

"Tasbih dalam Ruku’ & Sujud

 

سُبْحَـا نَكَ اللَهُـمَّ رَبَّنَـا وَبِحَمْـدِكَ اللَهُـمَّ اغْـفِـرْلِى

Maha suci Engkau, Ya Allah, dan dengan memuji kepada Engkau, Ya Allah, aku memohon ampun.

 

 "Tasbih Dalam I’tidal"

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهْ  رَبَّنَا وَلَـكَ اْلحَمْـدُ حَمْـدًا كَــثِيْـرًاطَيِّبًا مُبَارَ كًـافِيْهِ

Semoga Tuhan Allah mendengar orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan, bagi kaulah segala puji, pujian yang banyak, baik dan memberkati.

­­

"Doa Waktu Duduk Antara Dua Sujud"

اَللّهُـمَّ اغْـفِـرْلِى وَارْحَـمْـنِى وَاجْـبُـرْنِى وَاهْـدَ نِى وَارْزُقـْنِـى

Ya Allah, ampunilah aku, belas kasihanilah aku, cukupilah aku tunjukilah aku dan berilah rezki kepadaku.

 

Bacaan Tasyahhud

اَلتَّحِـيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّـلَوَاتُ وَالطَّـيِّبَاتُ، اَلسَّـلاَمُ عَـلَيْكَ اَيـٌّهَـا الـنَّبِىٌّ وَرَحْـمَـةُالَّلهِ وَبَـرَكَاتُـهُ، اَلسَّـلامُ عَـلَيْـنَا وَعَلَى عِـبَـا دِ اللهِ الصَّالِحِـيْنَ، اَشْـهَـدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّالله وَ اَشْـهَـدُ اَنَّ مُحَمَّـدًاَعَـبْدُهُ وَرَسُـوْ لَهُ.

Segalah kehormatan, kebahagiaan dan kebagusan adalah kepunyaan Allah, semoga keselamatan bagi engkau, ya nabi Muhammad, beserta rahmat dan kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan hamba-hamba allah yang  baik-baik. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba allah Dan utusannya.

"

Doa shalawat kepada Nabi"

 

اَللّهُـمَّ صَـلِّ عَلَى مُحَـمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَـمَّدٍ، كَـمَا صَلَّـيْتَ عَلَى أِبْرَاهِيْمَ وَعَلَ اَلِ أِبْرَاهِيْمَ، وَبَـاِركْ عَلَى مُحَـمَّدٍ وَاَلِ مُحَـمَّدٍ، كَـمَا  بَارَكْـتَا عَلَى أِبْرَاهِيْمَ وَاَلِ أِبْرَاهِيْمَ، اِنَّـكَ حَـمِيْـدٌ مَجِـيْـدٌ.

 

Ya, Allah limpahkan kemurahanmu kepada muhammad dan keluarganya, sebagaimana kau telah limpahkan kepada ibrahim dan keluarganya. Berkahilah Muhammad dan keluarganya ,Sebagaimana telah kamu berkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesunguhnya Engkau yang maha terpuji  dan maha mulia.

 

Doa sesudah tasyahhud awal

اَللَّهُـمَّ اِنِّى ظَلَمْـتُ نَفْسِى ظُلْمًـا كَثِـيْرًا وَلاَ يَغْفِـرُاذُّ نُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ فاَغْفِـرْلِى مَغْفِـرَةً مِـنْ عِـنْدِكَ وَارْحَـمْنِـى اِنَّـكَ اَنْتَ اْلغَـفُـوْرُ الرَّحِيْـمَ.

Ya, allah aku sudah banyak menganiaya diriku, dan tiada yang dapat mengampuni dosa, selain engkau. Maka ampunilah aku dan kasihanilah aku, sesungguhnya engkaulah yang maha pengampun dan maha penyayang.

 

"Doa, sesudah tasyahhud akhir"

 

اَللَّهُـمَّ اِنِّى اَعُـوْذُ بِـكَ مِـنْ عَـذَابِ جَهَـنَّمَ وَمِنْ عَـذَابِ اْلقـَبْرِ وَمِنْ فِتْـنَةِ اْلمَحْـيَا وَاْلمَـمَاتِ وَمِنْ شَـرِّفِتْنَـةِ اْلمَسِـِحِ الدَّ جَّـالِ

Ya, Allah  aku berlindung kepada engkau dari siksa jahanam dan dari siksa qubur,  begitu  juga dari futnah hidup dan mati, serta dari jahatnya fitnah dajjai (pengembara yang justa).

 

"Salam"

 

اَلسَّـلاَمُ عَـلَيْكُمْ وَرَحْــمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

السَّـلاَمُ عَـلَيْكُمْ وَرَحْــمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Berbahagialah kamu sekalian dengan rahmat dan berkah Allah.

Berbahagialah kamu sekalian dengan rahmat dan berkah Allah.

 

Berlangganan via Email