Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Teladan yang Baik Bagi Orang Sekitar

Seiring berjalannya waktu, saat ini dunia menjadi terbalik. Banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang muncul seiring berkembangnya zaman. Banyak dari kita yang lalai untuk menjadi teladan yang baik bagi orang-orang disekelilingnya. Dengan semakin canggihnya teknologi, sehingga banyak dari kita yang meneladani aktor dan aktris yang berada di sinetron dibandingkan dengan orang tuanya.
Menjadi Teladan yang Baik Bagi Orang Sekitar

Menjadi pribadi yang baik merupakan impian banyak orang. Kata teladan sendiri berarti suatu perbuatan yang patut dicontoh. Orang yang patut kita teladani yakni orang yang berbuat baik dan mampu memberi nasihat yang baik. Yang patut menjadi teladan diantaranya keluarga dan guru. Untuk menjadi teladan yang baik bagi orang lain sangat susah kalau tidak dimulai dari diri sendiri. Agar menjadi teladan yang baik, seharusnya  kita mulai dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik pula. 

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik, pasti orang-orang yang berada disekeliling kita akan kagum dan tidak lama akan menirunya. Menjadi teladan yang baik juga memiliki banyak sisi positifnya diantaranya kita akan mendapat respect dari banyak orang dan secara tidak langsung kita akan dihormati oleh banyak orang. Memang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik akan susah jika belum terbiasa. Untuk itu menjadi teladan yang baik harus mampu melawan hawa nafsu, jika tidak dilawan akan terasa sulit untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik. 

Untuk menjadi teladan didalam lingkungan keluarga yang mempunyai pengatuh penting terhadap kehidupan seseorang, kita bisa menerapkan sikap disiplin waktu, tidak membeda-bedakan anggota keluarga yang satu dengan yang lain, minta maaf ketika berbuat kesalahan, saling terbuka, tidak berbicara dengan nada keras yang akan menyakiti hati, pendekatan agama, serta membiasakan sopan santun terhadap orangtua. Sedangkan, untuk menjadi teladan didalam lingkungan sekolah diantaranya dengan mematuhi tata tertib di sekolah, berpakaian yang rapi, mengerjakan tugas sesuai dengan kewajiban,serta mampu belajar dari sebuah  kesalahan.

Menjadi teladan yang baik memiliki banyak manfaat diantaranya adalah menjadi pribadi yang rendah hati karena semakin baik kepribadian seseorang maka akan semakin bijak dalam segala tindakan. 

Dapat disimpulkan bahwa menjadi teladan yang baik ini sangat penting, meskipun melakukannya susah dengan melawan hawa nafsu, tetapi jika dilakukan dengan pembiasaan secara bertahap melalui hal-hal kecil akan terasa mudah. Menjadi teladan yang baik bagi lingkungan maupun orang yang berada disekitar ini sangat berpengaruh besar dengan kehidupan di masa yang akan datang. Alangkah baiknya kita menjadi teladan yang baik, karena perlu diketahui bahwa lingkungan kita merupakan cerminan dari hidup kita. Silvia Mulyaning Diar