Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Manajemen Madrasah

Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris, yatu dari kata to manage yang berarti mengurus, mengatur, melaksanakan, mengelola, dan memperlakukan. Dalam Islam, terdapat pengertian yang sama dengan hakikat manajemen adalah al-tadbir (pengaturan). Kata tersebut berasal dari kata dabbara yang artinya mengatur.  

Definisi Manajemen Madrasah


Secara istilah manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas tindakan-tindakan berupa perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran atau tujuan yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.


Sementara itu kata “madrasah”, secara etimologis berasal dari bahasa Arab yaitu darasa. Secara harfiah madrasah diartikan sebagai “tempat belajar para pelajar”, atau “tempat untuk memberikan pelajaran”. Kata “madrasah” juga ditemukan dalam bahasa Hebrew, dari akar kata yang sama yaitu darasa, yang berarti “membaca dan belajar” atau “tempat duduk untuk belajar”. 


Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata “madrasah” memiliki arti “sekolah”, kendati pada mulanya kata “sekolah” itu sendiri bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan dari bahasa aing, yaitu school atau scola.  


Madrasah mengandung arti tempat atau wahana anak mengenyam proses pembelajaran. Maksudnya, di madrasah itulah anak menjalani proses belajar secara terarah, terpimpin dan terkendali. Di lembaga ini anak didik memperoleh pembelajaran hal-ihwal atau seluk beluk agama dan keagamaan, sehingga dalam pemakaiannya, kata “madrasah” dikenal dengan sekolah agama. 


Dari penjelasan di atas, maka manajemen madrasah adalah suatu proses kerjasama yang sistematik, sistemik, dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan di madrasah secara efektif dan efisien. Dengan kata lain manajemen madrasah merupakan strategi untuk mewujudkan madrasah yang produktif (efektif dan efisien).  


Berlangganan via Email