Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Keistimewaan Bahasa Indonesia?

Negara Indonesia terkenal dengan keberagamannya. Salah satu keberagamannya adalah bahasa daerah. Indonesia memiliki bahasa daerah sebanyak 652 bahasa, diantaranya adalah bahasa jawa, bahasa betawi, bahasa sunda, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, dari keberagaman bahasa tersebut, Indonesia memiliki bahasa yang berfungsi sebagai identitas bangsa Indonesia. Bahasa tersebut adalah “Bahasa Indonesia”. Oleh sebab itu, semua rakyat Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Pembelajaran bahasa Indonesia harus ditanamkan sejak usia dini, karena apa jadinya bila generasi penerus bangsa tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Berbagai Keistimewaan Bahasa Indonesia?


Kenapa di Indonesia masih banyak kita jumpai siswa memperoleh nilai bahasa Indonesia yang kurang maksimal? Hal itu mungkin disebabkan oleh kurang menariknya desain pembelajaran bahasa Indonesia. Terlebih pendidikan pada anak usia dini. Kita sebagai calon tenaga pendidik anak usia dini harus memiliki strategi yang jitu agar anak-anak yang akan menjadi generasi pewaris bangsa bisa menyukai dan mencintai bahasa kebangsaan kita. Keterampilan anak dalam Berbahasa Indonesia rasanya perlu diasah sejak dini agar anak terbiasa berinteraksi bahasa Indonesia sejak usia dini. Oleh karena itu, kemampuan berbahsa harus terus dipupuk sejak dini agar anak memiliki motivasi untuk mempelajari dan mengenal lebih dalam ilmu tentang bahasa Indonesia. Meskipun kita memiliki harapan dan angan-angan yang tinggi untuk menciptakan tunas bangsa yang mencintai bahasanya, kita tetap harus menyadari bahwa setiap anak memiliki kapasitasnya masing-masing. Oleh sebab itu, kita harus menyesuaikan dan menciptakan sisteam pembelajaran yang cocok untuk anak usia dini.

Bebarapa sistem pembelajaran yang cocok dan menarik untuk anak usia dini adalah:
1. Mengenalkan Bahasa Indonesia Melalui Cerita Rakyat
Anak usia dini pasti sangat tertarik dengan cerita rakyat, kita sebagai calon pendidik dapat mencoba mengenalkan bahasa Indonesia dengan menceritakan berbagai cerita rakyat dengan menggunakan bahasa Indonesia.
2. Mengenalkan Bahasa Indonesia Melalui Permainan
Salah satu kesenangan anak usia dini adalah bermain. Maka kita bisa mencoba mengenalkan bahasa Indonesia melalu permainan, seperti contohnya kita bisa bermain tebak kata ataupun permainan menghafal kata lainnya.
3. Mengenalkan Bahasa Indonesia Melalui Lagu
Anak-anak pasti sangat suka bernyayi. Hal ini dapat dijadikan salah satu media pembelajaran agar anak bisa menyukai bahasa Indonesia. Lagu-lagu yang dapat kita gunakan adalah lagu nasional.
4. Mengenalkan Bahasa Indonesia Melalui Drama
Membuat sebuah drama dan dipentaskan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Selain kemampuan berbahasa, mementaskan drama juga bisa menjadi salah satu cara untuk melatih keberaniannya.

Apa gunanya kita mempelajari bahasa Indonesia sih? Kita sebagai warga negara indonesia harus bisa berbahasa Indonesia karena bahasa Indonesia selain menjadi identitas bangsa, juga berguna sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Saat kita bepergian keluar daerah tentunya kita tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa daerah kita. Dan, pada saat itu bahasa Indonesia sangat berperan penting karena dapat menjadi sarana berkomunikasi antara satu suku dengan suku yang lain. Atau bisa disebut juga alat ekspresi nasionalisme. Maka, benar dikatakan Ben Anderson (2000) dalam kuasa kata: Jelajah Budaya-Budaya Politik di Indonesia, bahwa fungsi public utama bahasa Indonesia terletak dalam perannya sebagai pemersatu.

Lalu, apa sajakah fungsi dari bahasa Indonesia? Tentu saja bahasa Indonesia memiliki banyak fungsi. Selain dua fungsi diatas, masih adalagi yakni untuk menciptakan karya-karya sastra berkualitas. Sudah ada banyak sastrawan yang lahir sepanjang perkembangan bahasa Indonesia dan dianggap sebagai tokoh penting berkat kontribusinya. Sebagian besar orang-orang yang berkecimpung dalam dunia sastra memiliki kemampuan berbahasa yang bagus. Oleh karenanya marilah kita meningkatkan kemampuan berbahasa agar kita dapat menjadi sastrawan yang besar dan handal yang dikenal oleh semua kalangan. Kita bisa menjadi sastrawan dengan bahasa yang mudah diterima oleh semua masyarakat tanpa menghilangkan kesan berkelasnya.

Selain itu, bila kita memiliki kemampuan bahasa yang bagus, kita juga bisa terbantu untuk mempelajari bahasa-bahasa kuno. Mempelajari bahasa kuno bukan hanya membantu kita mengetahui kehidupan di masa lampau, tapi juga memudahkan kita dalam meneliti akar budaya yang mungkin mempengaruhi kebudayaan masa kini. Lantas, agar kisah atau kesan di masalalu tadi disebarkan, kita perlu menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar supaya orang yang tidak paham akan bahasa kuno, dapat kita jelaskan melalui bahasa Indonesia.

Dan, fungsi terakhir menurut pengetahuan saya adalah bahasa Indonesia digunakan sebagai media menyampaikan perasaan dan berekspresi. Bahasa merupakan media yang sangat fleksibel sehingga dapat dimanfaatkan dalam format apapun. Salah satunya untuk media berekspresi seperti melalui lagu, sajak, puisi, sya’ir, pantun, dan karya-karya sastra lainnya yang masih sejenis.

Apakah anda tahu keistimewaan dari bahasa Indonesia? Ya, Indonesia memiliki sangat banyak keistimewaan salah satunya adalah bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 negara di dunia. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah pusat kebudayaan di sejumlah Negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra. Agar orang asing juga semakin tertarik terhadap bahasa Indonesia yang akan membuat bahasa Indonesia semakin maju. Bahkan di Vietnam katanya, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua setelah Viet yang merupakan bahasa utamanya.

Selain itu, keistimewaan bahasa Indonesia yang lain adalah bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Asia Tenggara. Walaupun Negara Asia Tenggara didominasi ras dan bahasa Melayu, namun pada faktanya para Negara tersebut lebih menyukai bahasa Indonesia yang lebih sederhana dan beragam. 

Dan yang terakhir, meski dialihfungsikan ke dalam bentuk angka, namun bahasa Indonesia menjadi salah satu dari lima bahasa yang dikirim NASA ke luar angkasa. Sementara itu, salah satu mahasiswa asing Darmasiswa dari Universitas Muhammadiyyah Makassar asal Rusia yang bernama Elena Syukina mengatakana bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah dimengerti. 
Oleh karena itu, kita sebagai warga Negara Indonesia harus bangga dan mencintai bahasa kebangsaan. Jangan sampai kita kalah dengan warga Negara Asing yang lebih mencintai bahasa Indonesia daripada kita warga negaranya .kita harus menanamkan sejak kini perilaku yang mencerminkan cinta terhadap bahasa Indonesia dan bangga saat menggunakannya dimanapun, kapanpun, dan saat berhadapan dengan siapapun tanpa gentar dan takut diejek. 

Daftar Pustaka
  1. https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/adma.winarko/mengasah-keterampilan-berbahasa-anak-usia-dini-aud-melalui-dramatisi-cerita-rakyat_54f85d6ba333112b5e8b4c10 
  2. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/2756/bahasa-sebagai-pemersatu-bangsa
  3. https://salamadian.com/fungsi-dan-kedudukan-bahasa-indonesia/
  4. https://sumbar.antaranews.com/berita/148358/peneliti-bahasa-indonesia-memiliki-banyak-keistimewaan 

By: Elma Dwi Ismawardani

Berlangganan via Email