Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bahasa itu dapat mencerminkan pribadi seseorang, jika kita selalu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan penuh kesantunan, orang juga akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang baik dan berbudi, karena melalui tutur kata seseorang mampu menilai kepribadian dari orang tersebut. Tapi sebaliknya jika dalam keseharianya seseorang tersebut tidak memenuhi etika berbahasa santun, baik dan benar maka orang lain akan mencitrakan kita sebagai pribadi yang buruk.

Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Bahasa dapat menjadi alat kekerasan verbal yang terwujud dalam susunan kata seperti memaki, memfitnah, menghasut, menghina dan sebagainya. Di lndonesia hal ini sering terjadi, bahkan perilaku tersebut sudah menjadi rahasia umum di masyarakat dan kalangan remaja. Saat ini lebih suka menggunakan bahasa asing atau bahasa gaul yang cenderung tidak santun, dan tidak terpola dengan baik dan itu menjadikan lunturnya masyarakat indonesia sendiri mulai meninggalkan bahasa yang mereka miliki sendiri mereka lebih menyukai bahasa asing yang menurut mereka bahasa itu lebih modern.

Bahasa Indonesia yang susah payah di satukan visinya dalam sumpah pemudah sebagai bahasa pemersatu bangsa setelah beradap adab bangsa ini terbelenggu dalam  penjajahan, kini seolah luntur oleh waktu, bukan bahasa indonesianya yang hilang tapi pemaknaan dan pemakaian bahasa yang baik,sopan,dan santun dalam kehidupan sehari hari yang hilang. Saat ini banyak sekali remaja yang menciptakan bahasa gaul, yaitu bahasa baku yang diplesetkan, sehingga terkadang orang dewasa tidak mengerti dan memahami bahasa yang dikatakan oleh para remaja tersebut dan menimbulkan ketidaksopan antara anak berbicara kurang baik kepada orang tuanya sendiri menghilangkan sopan santun yang dia miliki saat ini.

Penyebab penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja ini dikarenakan kurangnya kecintaan para remaja terhadap bangsa Indonesia. Manusia bisa karna terbiasa , jika anak anak remaja itu sudah terbiasa mengucapkan dan menuliskan kata-kata yang salah dalam berkomunikasi,maka selanjutnya akan salah. Hal ini akan membuat penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tidak akan di pakai lagi dan akan mati.jika bukan dari kita sendiri trus siapa lagi yang akan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.sebagai warga yang negara yang baik kita harus meningkatkan kualitas berbahasa dengan sebaik mungkin.  

Seiring berjalanya waktu muncullah bahasa bahasa gaul di kalangan masyarakat ,dan itu menyebabkan timbulnya dampak atau pengaruh yang banyak sekali dalam peerkembangan bahasa indonesia, termasuk di antaranya adalah:Eksistensi bahasa indonesia terancam terpinggirkan oleh bahasa gaul,Menurunya derajat bahasa indonesia,menyebabkan punahnya bahasa indonesia,oleh sebab itu kita sebagai warga negara indonesia seharusnya lebih mencintai bahasa yang kita miliki sendiri kalau bukan kita yang mencintainya terus siapa lagi?sebagai generasai penerus bangsa yang baik kita seharusnya lebih mencintai dan mengunggulkan bahasa kita sendiri bukan bahasa dari negara lain,menanamkan kebanggan tersendiri di dalam diri kita akan indahnya bahasa bahasa yang kita miliki saat ini.

1.Apakah benar semua bahasa itu baik dan benar?
Dan perlu kita ketahui tidak semua bahasa yang baik itu benar dan begitupun sebaliknya tidak semua bahasa itu benar dan baik,maka dari itu dalam berbahasa lebih baik kita harus memahami dulu apa yang akan kita ucapkan dengan seperti itu kita lebih berhati hati dalam berbicara agar tidak menimbulkan suatu kesalah pahaman 

Dalam menggunaan bahasa yang baik dan benar kita harus menyesuaikan Kaidah bahasa baku,baik kaidah bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan,ciri ciri ragam bahasa baku sebagai berikut:
1. Ragam beku (frozen); digunakan pada situasi hikmat dan sangat sedikit memungkinkan keluasan seperti pada kitab suci, putusan pengadilan, dan upacara pernikahan.
2. Ragam resmi (formal); di gunakan dalam komunikasi resmi seperti pada pidato,rapat resmi,dan jurnal ilmiah.
3. Ragam konsultatif (consultative); digunakan dalam pembicaraan yang terpusat pada transaksi atau pertukaran informasi sepertidalam percakapan di sekolah dan di pasar
4. Ragam santai (casual); digunakan dalam suasana tidak resmi dan dapat di gunakan oleh orang yang belumtentu saling kenal dengan akrab.
5. Ragam akrab (intimate);di gunakan di antara orang yang memiliki hubungan yang sangat akrab dan intim. 

Dengan kaidah kaidah yang sudah di tentukan  kita bisa lebih memahami dan mengerti bahwa menggunakan bahasa yang baik dan benar itu perlu pemahaman yang mendalam agar bisa mengucapkan atau melafalkan bahasa dengan baik,dan santun.Berbahasa yang benar mengacu pada penggunaan bahasa pada situasi yang menuntut penggunaan bahas indonesia yang baku 

1. Apa saja kendala yang harus di hindari dalam pemakaian bahasa baku?
Penggunaan bahasa indonesia yang benar menjadi prioritas utama,penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku.kendala yang harus di hindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain di sebabkan adanya gejala bahasa seperti interaksi antar gelombang dalam suatu daerah,integrasi dan bahasa gaul yang tanpa di sadari sering di pakai dalam komunikasi resmi.ini juga bisa mengakibatkan bahasa yang di gunakan menjadi tidak baik dan hal seperti ini dapat menyebabkan penggunaan bahasa indonesia yang tidak baik dan tidak tepat pada tempatnya.

3.Kenapa kita harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar kalau semua orang sudah bisa bahasa gaul?.

Tentu karna Bahasa indonesia adalah bahasa persatuan untuk bangsa indonesia,dari sabang sampai merauke,bahasa indonesia juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme yang ada pada diri kita,mempermudah kita dalam berkomunikasi antar suku,ras dan daerah karna tentunya setiap daerah memiliki bahasa masing masing yang tentu belum semua orang di indonesia memahami setiap bahasa yang mereka miliki satu persatu dan dengan adanya bahasa indonesia ini memudahkan kita dalam segala hal.karna ternyata dengan kita menggunakan bahasa yang baik kita bisah lebih menjadi pribadi yang lebih santun dalam bertutur kata dengan orang yang lebih tua dari kita termasuk guru guru kita ,orang tua kita,saudara saudara kita.berbahasa yang baik juga dapat menghilangkan rasa grogi kitadan meningkatkan keberanian dalam berbicara  ketika kita ada di dalam sebuah forum yang yang mengharuskan kita memberikan penjelasan kepada semua orang yang ada di dalam forum tersebut 

DAFTAR PUSTAKA
  1. https://aldi.ilearning.me/?p=2385.diakses29agustus2019
  2. https://beritagar.id/artikel/tabik/bahasa-indonesia-yang-baik-dan- benar.diakses29agustus2019


By: RIZA ARISMA NAZANI

Berlangganan via Email